Melfiazzahra, Putri Nuriyah (2024) Analisis penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Besuki. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
![]() |
Text
file orisinalitas melfi.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL(jurnal) melfiazzahra-1.pdf.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL(jurnal) melfiazzahra-1.pdf Download (401kB) |
Abstract
Melfiazzahra Putri Nuriyah, NPM. 202010007, Analisis Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Besuki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Besuki. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mana dalam hal ini peneliti mengumpulkan datanya melalui berbagai teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan mempelajari dokumen-dokumen agar mudah dipahami untuk mengetahui penggunaan media dalam pembelajaran matematika kelas IV. Tempat penelitian ini yaitu di SD Negeri 1 Besuki. Pada waktu bulan juni-juli 2024. Populasi dalam peneliti ini adalah penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Besuki Kecamatan Besuki sudah dilakukan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu pemilihan media gambar yang dilakukan oleh guru kelas IV disesuaikan dengan materi dan tingkat perkembangan siswa. Mengingat karakteristik siswa kelas IV, sehingga dalam proses pembelajarannya masih membutuhkan suatu pelantara yang bisa menggambarkan hal-hal yang abstrak ke dalam bentuk yang kongkret, yaitu yang bisa ditangkap oleh panca indra agar siswa mudah memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Maka pemilihan media yang menarik akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam proses pembelajaran. Pertimbangan penggunan media gambar dalam pembelajaran matematika yaitu untuk mempermudah pemahaman siswa. Selain itu, media gambar juga dapat memperjelas materi pelajaran sehingga mudah diamati. Media gambar juga dapat memunculkan daya Tarik pada diri siswa. Terakhir, media gambar digunakan untuk menyikat suatu uraian atau materi yang apabila diperjelas dengan kata-kata mungkin membutuhkan uraian Panjang. Berdasarkan hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Besuki dapat meningkatkan hasil belajar siswa meskipun tidak secara segnifikan. Hal ini tentu mengindikasikan bahwa melalui penggunaan media gambar, siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan guru. Kata Kunci : penggunaan media gambar, prosedur, analisis data.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Melfiazzah Putri Nuriyah |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 03:15 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 03:15 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |