Dodik Eko Yulianto, M.Pd (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8 (2). ISSN 2656-4459
Text
C.1.4.pdf Download (183kB) |
|
Text (JURNAL TURNITIN)
C.1.4 Dodik Eko Yulianto 8%.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achiviement Division (STAD) pada siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo mata pelajaran IPS materi uang semester genap tahun pelajaran 2021- 2022. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN 1 Lamongan Arjasa Situbondo dari hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dodik Eko Yulianto M.Pd |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 06:58 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/626 |
Actions (login required)
View Item |