MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS III SEMESTER 1 DI SD NEGERI 5 KLATAKAN SITUBONDO

Winditiya Yuliana,, M.Pd) and Putu Eka Suarmika,, ST, M.Pd) and Siti Aisyah, - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS III SEMESTER 1 DI SD NEGERI 5 KLATAKAN SITUBONDO. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING CHIPS TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS III SEMESTER 1 DI SD NEGERI 5 KLATAKAN SITUBONDO. (Submitted)

[img] Text
Winditiya Yuliana (37).pdf - Submitted Version

Download (453kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti dan informasi dari salah satu guru di SD Negeri 5 Klatakan bahwa perlu adanya pengenalan model pembelajaran yang inovatif sehingga hasil belajar siswa meningkat. Realita yang ada proses pembelajaran di sekolah masih jauh dari harapan seiring perkembangan ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dilaksanakan disekolah masih bersifat ”teacher center” yaitu berpusat pada guru bukanlah siswa yang aktif melainkan guru yang aktif dalam proses transfer ilmu. Cara guru dalam memberikan materi dengan menggunakan ceramah. Jadi siswa hanya menerima penjelasan hanya 50% atau 4 siswa dari 8 siswa yang sesuai dengan KKM dan guru tanpa berperan aktif sehingga hasil belajar siswa masih dibawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Hasil belajar kelas III masih rendah sehingga adanya inisiatif dari peneliti menggunakan model pembelajaran Talking Chips. Berdasarkan uraian latar belakang, masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah penerapan Strategi Pembelajaran Talking Chips tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas IIIsemester 1 di SD Negeri 5 Klatakan Situbondo dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar PKn melalui Strategi Pembelajaran Talking Chi tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtemaperkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas III semester 1 di SD Negeri 5 Klatakan Situbondo?. Penelitian ini terdiri atas empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulandata yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian tindakan kelas. Bahwa dapatdisimpulkan sebagai berikut: Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Chips sangat efektif tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtemaperkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas III semester 1 di SD Negeri 5 Klatakan Situbondo dan Ada peningkatan hasil belajar PKn mencapai 13% dari 75% siklus 1 menjadi 88% siklus II melalui StrategiPembelajaran talking chips tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas III semester 1 di SDNegeri 5 Klatakan Situbondo. Kata kunci : model pembelajaran Talking Chips, Hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:17
Last Modified: 10 Mar 2023 09:17
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item