Nur Holifatuz Zahro,, M.Pd and Vidya Pratiwi,, M.Pd and Tania Zela Yurike, - PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE KOMBINASI (CERAMAH, TANYA-JAWAB, DISKUSI, DAN DEMONSTRASI) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 10 MIMBAAN KECAMATAN PANJI. PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE KOMBINASI (CERAMAH, TANYA-JAWAB, DISKUSI, DAN DEMONSTRASI) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 10 MIMBAAN KECAMATAN PANJI. (Submitted)
Text
Nur Holifatuz Zahro (11).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Pendekatan scientific adalah konsep dasar yang mewadahi dan mengispirasi tentang pemikiran bagaimana metode pembelajaran diterapkan berdasarkan teori tertentu. Pendekatan scientific merupakan pendekatan yang di dalamnya mengandung aspek mengamati, menanya, mencoca, mengolah, dan mengolah dan menyimpulkan Pendekatan scientific perlu diterapkan dalam proses belajar mengajar dalam kelas. Pendekatan scientific untuk mendukung dan membantu guru dalam proses belajar mengajar.agar terciptanya suatu proses pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang mengutamakan pembetukan karakter baik pada siswa dengan metode kombinasi (ceramah, Tanya- jawab, diskusi, dan demonstrasi) agar siswa dapat berfikir aktif dan kritis dalam pembelajaran. Penerapan pendekatan scientific dikakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk memupuk pola pikir kritis dan sikap baik siswa dalam bertingkah laku di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang, melaksanakan program pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran dengan metode kombinasi (ceramah, Tanya-jawab, diskusi, dan demonstrasi). Sasaran penelitian adalah guru kelas 5 di SDN 10 Mimbaan dalam menggunakan pendekatan scientific dengan metode kombinasi (ceramah, tanya-jawab, diskusi, dan demonstrasi). Penelitian berlangsung selama 4 kali pertemuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskirpitif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahawa penggunaan pendekatan scientific di SDN 10 Mimbaan kelas 5 dengan metode kombinasi sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan observasi dan wawancara yang menunjukkan keterlaksanaan kriteria pembelajaran tematik yang berbasis kurikulum 2013 sangat baik di banding kurikulum sebelumnya yaitu, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SDN 10 Mimbaan. Kata kunci: penerapan pendekatan scientific, dengan metode kombinasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpus |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 06:58 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/446 |
Actions (login required)
View Item |