PERBEDAANHASILBELAJARMATEMATIKA DENGANMODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH KELAS IV SEMESTER I DI SD NEGERI 3 PENANG KECAMATAN BOTOLINGGO KABUPATEN BONDOWOSO

Indah Lestari Setiorini,, S.Pd. MM) and Winditiya Yuliana,, M.Pd) and Ami Kurniya, - PERBEDAANHASILBELAJARMATEMATIKA DENGANMODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH KELAS IV SEMESTER I DI SD NEGERI 3 PENANG KECAMATAN BOTOLINGGO KABUPATEN BONDOWOSO. PERBEDAANHASILBELAJARMATEMATIKA DENGANMODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DAN MODEL PEMBELAJARAN CERAMAH KELAS IV SEMESTER I DI SD NEGERI 3 PENANG KECAMATAN BOTOLINGGO KABUPATEN BONDOWOSO. (Submitted)

[img] Text
Indah Lestari 100.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dengan model pembelajaran ceramah di SDN 3 Penang. Bagi peneliti ini adalah sebuah masalah yang harus dipecahkan dengan melakukan penelitian. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran ceramah kelass IV semester 1 di SDN 3 Penang, Botolinggo, Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif experimen, mengumpulkan data dengan metode observasi, tes serta dokumentasi. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas serta analisis uji t (Ttes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika di kelas IV, dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah yang rata-rata nilai siswa masih dibawah KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran ceramah kelas IV semester 1 di SDN 3 Penang, Botolinggo, Bondowoso. Kata Kunci: Snowball Throwing, ceramah, hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:20
Last Modified: 10 Mar 2023 05:20
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item