PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA SD KELAS IVMATA PELAJARAN IPA DI SDN PRAJEKANLOR 1 KABUPATEN BONDOWOSO

Putu Eka Suarmika,, ST, M.Pd and Aenor Rofek,, M.Pd and Sindi Tri Susanti, - PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA SD KELAS IVMATA PELAJARAN IPA DI SDN PRAJEKANLOR 1 KABUPATEN BONDOWOSO. PERBEDAAN MINAT BELAJAR SISWA ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA SD KELAS IVMATA PELAJARAN IPA DI SDN PRAJEKANLOR 1 KABUPATEN BONDOWOSO. (Submitted)

[img] Text
Putu Eka Suarmika 27.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajarkan materi kerangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso dan hasil wawancara terhadap guru kelas IV atas pengalamannya mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam, kurang mengaktifkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi pengetahuan yang dimilikinya dengan menghubungkannya dengan fenomena-fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah Perbedaan Minat Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Metode Ceramah Pada Siswa SD Kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso Tahun 2020/2021 ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari rumusan masalah, paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Perbedaan Minat Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Metode Ceramah di SDN Prajekan Lor 1 ini dengan adanya hasil perhitungan pada uji-t dengan menggunakan t-tes yang diperoleh nilai sebesar 0,981. Dengan demikian model pembelajaran Make A Match memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan evaluasi proses dan evaluasi hasil pada setiap pembelajaran maka minat belajar siswa pada pokok bahasan kerangka manusia dan fungsinya pada siswa kelas IV di SDN Prajekan Lor 1 Kabupaten Bondowoso meningkat dengan menggunakan pendekatan Make A Match. Kata Kunci : Minat Belajar, Make A Match

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:35
Last Modified: 10 Mar 2023 02:35
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item