Randika, Fandiyanto (2018) PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK PENGHASIL PRODUK FURNITURE DI KELURAHAN DAWUHAN SITUBONDO. PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK PENGHASIL PRODUK FURNITURE DI KELURAHAN DAWUHAN SITUBONDO, 2 (1).
Text
3. integritas PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGIPRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK PENGHASIL PRODUK FURNITURE DI KELURAHAN DAWUHAN SITUBONDO.pdf Download (146kB) |
|
Text
3. tunitin integritas PKM PENGEMBANGAN TEKNOLOGIPRODUKSI DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA KELOMPOK PENGHASIL PRODUK FURNITURE DI KELURAHAN DAWUHAN SITUBONDO.pdf Download (204kB) |
Abstract
Kabupaten Situbondo merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur. Situbondo juga merupakan salah satu sentra UMKM penghasil produk-produk kerajinan (handycraft). Tinginya persaingan membuat para pelaku bisnis UMKM ini dituntut untuk selallu melakukan inovasi-inovasi serta perlu adanya strategi-strategi khusus yang bisa menciptakan kekuatan bersaing. Mitra terdiri dari dua yaitu Kelompok Usaha Furniture dan Penghasil Kayu Gmelina. Permasalahan yang ditemukan dan solusi yang ditawarkan melalui program kemitraan masyarakat (PKM) ini yaitu, Pertama minimnya pengetahuan akan prinsip efisiensi dan efektifitas dalam produksi sebuah produk, Teknologi yang pemegang peranan penting untuk menciptakan produk berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi. Kedua kurangnya pemahaman dunia daring/online. Ketidakmampuan memahami dunia tekhnology dapat menghambat kemajuan usaha. Masyarakat cenderung memasarkan produk dengan bekerjasama pada pengepul produk seperti di Bali, menyebabkan nilai jual produk menjadi rendah dan berdampak pada keuntungan yang diperoleh. Ketiga Kurangnya motivasi untuk membangun industri ke jenjang yang lebih maju. Hal ini diakibatkan tidak memahami manfaat dunia teknologi yang bisa merubah perjalanan bisnis menjadi lebih cepat dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional. Program ini merupakan pembinaan dalam bentuk perbaruan metode produksi dan pemasaran dengan langkah yang lebih efektif dan efisien. Minimnya pengetahuan para pelaku usaha untuk bisa menghasilkan produk berkualitas. Pembinaan ini dilakukan dengan melalui metode Penerapan Mesin Produksi, Pelatihan Teknis Pemotongan, Penghalusan, dan Finishing, Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital dan Pendampingan akhir. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah Menumbuhkan Jiwa wirausahaan yang maju dan berinovatif, Meningkatkan pengetahuan pentingnya tekhnologi dalam usaha pengolahan kayu menjadi produk furniture, Meningkatkan pengetahuan pemasaran online dengan media ecommerce sehingga meningkatkan pangsa pasar produknya, Meningkatkan kesejahteraan keluarga anggota kelompok usaha penghasil furniture dan penghasil kayu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Randika Fandiyanto UNARS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:02 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:02 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/371 |
Actions (login required)
View Item |