KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

heldie, bramantha (2019) KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 3 (2). pp. 158-169. ISSN 2615-3238

[img] Text
870-13-2574-1-10-20210205.pdf

Download (564kB)
[img] Text
cek plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
reviewer.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjung Glugur pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga kelas V Semester Genap di SDNegeri 1 Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SDNegeri 1 Tanjung Glugur dalam materi operasi hitung bilangan pangkat tiga melalui model permainan media puzzle. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 1 Tanjung Glugur yang berjumlah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes yang berjumlah 10 butir soal dalam bentuk isian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Teknil analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal 23 menjadi 72 pada siklus I dan menjadi 79 pada siklus II. Persentase ketuntasan meningkat dari kondisi awal 33% menjadi 63% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II. Kondisi diatas dapat dicapai peneliti dengan berbagai keterbatasan yang ada.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heldie Bramantha
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:30
Last Modified: 10 Jan 2022 06:31
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item