Soraya, Faurida (0024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE SCRAMBLE MELALUI MEDIA TORSO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SDN 2 LUBAWANG KECAMATAN BANYUGLUGUR. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
Text
Jurnal Soraya Baru.pdf Download (196kB) |
||
Text
Jurnal Soraya Akhir-1.pdf.pdf Download (24kB) |
||
Text
skripsi fix.pdf Download (644kB) |
||
|
Image
17236185718923195276262308191841.jpg Download (1MB) | Preview |
Abstract
Soraya Faurida NPM. 201910009, Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Scramble Melalui Media Torso Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V di SDN 2 Lubawang Kecamatan Banyuglugur Penelitian yang berjudul Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Scramble Melalui Media Torso Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V di SDN 2 Lubawang Kecamatan Banyuglugur dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media dan kurangnya kreativitas guru dalam mendesain dan membuat media pembelajaran membuat hasil belajar siswa kelas V menjadi rendah, dimana nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya mencapai 65 dan belum memenuhi standar KKM yaitu 70 dari yang diterapkan sekolah. Namun masalah tersebut masih dapat dioptimalkan dengan menggunakan metode dan media yang tepat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, salah satu media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam mata pelajaran IPA khususnya materi pokok organ-organ pencernaan manusia adalah penggunaan media torso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media torso terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajara IPA siswa kelas V di SDN 2 Lubawang Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk memecahkan permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dihadapi guru maupun siswa di kelas sehingga tujuan dan hasil belajar dapat terlaksana dengan baik Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe scramble melalui media torso berpengaruh terhadap hasil belajar siswa IPA kelas V SD Negeri 2 Lubawang Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus yang meningkat. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 25%, maka target yang diinginkan telah tercapai untuk ketuntasan hasil belajar siswa, karena pada akhir siklus telah mencapai target yang telah ditentukan yaitu 81%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Soraya Faurida |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:58 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:59 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2489 |
Actions (login required)
View Item |