Menyamakan Pola Pikir Orangtua, Guru, dan Siswa: Sebuah Usaha Memperkenalkan Gawai secara Bijak

Novitasari, Nine Febrie (2020) Menyamakan Pola Pikir Orangtua, Guru, dan Siswa: Sebuah Usaha Memperkenalkan Gawai secara Bijak. Integritas, 4 (1). pp. 132-152. ISSN 2615 – 0794

[img] Text
Turnitin Nine Integritas 2017.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Integritas combined.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan teknologi oleh anak bukanlah hal yang baru. Saat ini, hampir semua anak memiliki gawai sendiri seperti telepon pintar, tablet, atau laptop. Sayangnya,penggunaan gawai oleh anak seringkali tanpa melalui pengawasan yang cukup dari orangtua di rumah. Beberapa orangtua memberikan gawai kepada anak mereka dan memberikan akses untuk menggunakannya tanpa adanya kontrol terhadap apa saja yang dilakukan anak dengan gawai mereka. Sebagai pengganti orangtua di sekolah, guru juga memiliki peranan yang penting dalam membantu pengawasan penggunaan gadget oleh anak. Namun sayangnya, beberapa guru masih tidak sadar bahwa peranan mereka cukup signifikan dalam menanamkan pemahaman ini pada anak. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya bentuk penyalahgunaan gawai oleh anak saat di sekolah. Padahal, jika digunakan secara tepat, gawai memiliki manfaat yang sangat banyak dalam mendukung proses belajar anak di sekolah. Terkait dengan hal ini, kami mencoba memberikan sosialisasi pada guru, wali murid, dan siswa di SDN 1 Seletreng tentang pentingnya kerjasama antara orangtua dan guru dalam memperkenalkan gawai secara bijak pada anak. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan anak memiliki pemahaman yang baik sejak dini tentang dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan gawai. Tujuan jangka panjang dari kegiatan ini adalah adanya kerjasama yang baik antara orangtua dan sekolah (dalam hal ini guru) untuk bersama-sama mendidik dan menanamkan potensi yang baik bagi anak terutama dalam kaitannya dengan penggunaan gawai dalam mendukung pendidikan dan perkembangana anak baik secara kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya respon positif berupa pemahaman orangtua dan guru tentang penggunaan gawai pada anak, dan adanya usaha-usaha nyata yang dilakukan untuk mengawasi penggunaan gawai oleh anak. Kata Kunci: gawai, sosialisasi, guru, orangtua, siswa

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Sastra > S1 Sastra Inggris
Depositing User: Nine Febrie Novitasari, S.Pd., M.Pd.
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:15
Last Modified: 26 Jun 2021 13:06
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item