ANALISIS KINERJA PEMASARAN PADA INDUSTRI OLAHAN MAKANAN DI KABUPATEN KOLAKA

Hasbiadi, Hasbiadi and Puryantoro, Puryantoro and Mpia, La and Bulawan, Juniaty Arruan ANALISIS KINERJA PEMASARAN PADA INDUSTRI OLAHAN MAKANAN DI KABUPATEN KOLAKA. Jurnal Ekonomi Integra, 11 (2). pp. 186-195. ISSN ISSN 0216 - 4337 eISSN 2581 - 0340

[img] Text
ANALISIS KINERJA PEMASARAN PADA INDUSTRI OLAHAN MAKANAN DI KABUPATEN KOLAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Industri olahan makanan saat ini berkempang pesat di Kabupaten Kolaka, pemasarannya berfokus pada masyarakat lokal dan wisatawan. Pola pemasaran dilakukan secara online, akan tetapi masa Pandemic Covid-19 menyebabkan daya beli dan kunjungan masyarakat menurun. Untuk mempertahankan omset penjualan maka industri harus mengetahui faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dan untuk menganalisis pengaruh kreatifitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran industri olahan makanan di Kabupaten Kolaka. Rancangan penelitian adalah penelitian survei. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan sensus atau teknik sampling jenuh dimana sampel penelitian adalah seluruh anggota populasi (51 Industri). Teknil analisis yaitu analisis regresi linier berganda dan Uji t. Hasil penelitian yaitu variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan indikator variabel meliputi perluasan produk, peniruan produk, dan produk baru. Variabel kreatifitas strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan indikator variabel meliputi karakteristik individu, proses kreatifitas, dan lingkungan kerja.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Puryantoro S.P., M.P.
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:21
Last Modified: 14 Jun 2021 06:21
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item