IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Amalia, Risqi Puspitaningtyas IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/386. ISSN 2656-4459

[img] Text
Artikel IKA PGSD UNARS.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Perreview 5.pdf

Download (699kB)
[img] Text
Artikel IKA PGSD Unars 3%.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan latar belakang pelaksanaan, implementasi pembelajaran, kendala yang dihadapi serta solusinya. Jenis pnelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis datanya yaitu menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama terkait latar belakang pelaksanaan pembelajaran di SDN 4 Kilensari adalah adanya kepeduliaan terhadap anak berkebutuhan khusus yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan (banyaknya anak berkebutuhan khusus yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah tersebut) dan Sekolah tersebut di tunjuk oleh pemerintah setempat sebagai sekolah inklusi. Kedua implementasi pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus di SDN 4 Kilensari Situbondo sudah dilaksanakan dengan baik. Sekolah melakukan pembelajaran dengan sistem inklusif yaitu siswa berkebutuhan khusus satu kelas dengan siswa reguler dalam proses pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus yang berada disekolah tersebut terdiri dari tunarungu, downsyndrome, autisme. Ketiga kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya adalah belum tersedianya guru khusus bagi anak berkebutuhan khusus yang berlatar pendidikan Sarjana S1 Progam Studi Pendidikan Luar Sekolah ataupun Pendidikan Luar Biasa dan kondisi emosional anak berkebutuhan khusus yang tidak tabil. Keempat, solusi yang diberikan adalah menunjukkan guru yang ada sebagai guru pendamping khusus yaitu guru yang berlatar pendidikan keguruan dan bagi mereka mengikuti pelatihan mengenai pendidikan inklusi yang diadakan oleh pemerintah setempat. Ketika kondisi emosi anak berkebutuhan khusus tidak stabil, sebelum pelaksanaan proses pembelajaran guru melakukan strategi dengan memberikan ice breaking atau games kepada peserta didik anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Inklusi, Anak berkebutuhan khusus

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: amalia risqipuspita ningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:43
Last Modified: 11 Feb 2021 06:57
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item