Amalia, Risqi Puspitaningtyas and Vidya, Vidya PENDEKATAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLOOR TIME DI SEKOLAH DASAR KEC.SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO. PENDEKATAN PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE FLOOR TIME DI SEKOLAH DASAR KEC.SITUBONDO KABUPATEN S. ISSN 2615-1723
Text
Artikel JRPD UNISMUH.pdf Download (247kB) |
|
Text
Perreview 1.pdf Download (803kB) |
|
Text
Artikel JRPD UNISMUH 17%.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Dalam penelitian ini ingin mengetahui dan menjelaskan pendekatan pembelajaran bagi anak autis, karena dalam menghadapi anak autis di kelas terutama ketidaklancaran terdapat keterbatasan kemampuan berkomunikasi antara anak autis dan guru serta teman- teman sekelasnya. Autis memiliki gangguan perkembangan dengan ciri- ciri yang tampak mencakup bahasa, komunikasi dan perilaku ritualistik/stereotip. Dalam mengatasai keterbatasan kemampuan komunikasi pada anak autis, beberapa ahli mengembangan pendekatan pembelajaran, salah satunya adalah metode floor time. Dalam metode ini lebih mengedepankan bermaian yang berlandaskan pada ikatan relasi dan lebih difokuskan pada minat anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualititatif dengan pendekatan metode floor time, subyek penelitian ini anak autis yang ada di Sekolah dasar yaitu 2 siswa autis di SDN 6 Dawuhan dan 1 siswa autis di SD Muhammadiyah Kabupaten Situbondo.Hasil penelitian pendekatan pembelajaran dengan metode floor time yang mencakup 5 strategi yang diterapkan oleh guru banyak membuahkan hasil perkembangan-perkembangan yang di miliki oleh siswa autis.Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas di SDN 6 Dawuhan dan SD Muhammdiyah ditemukan bahwa dalam penerapan metode floor time kemampuan verbal anak autis meningkat yaitu subjek dalam komunikasi yang ditandai dengan beberapa perkembangan yaitu yang menitik beratkan dalam interaksi antara subjek dengan guru dan lingkungann sekitarnya sehingga dalam proses pembelajaran subjek sudah lumayan jelas dan kemampuan dalam menulis sudah baik hanya saja butuh berualang kali dalam memberikan pemahaman dan arahan dalam menyelesaikan tugas sekolah, walaupun dalam memahami bahasa tulis masih memerlukan bimbingan. Tidak hanya guru kelas yeng menerapkan metode tersebut tetapi orang tua Subjek sudah menerapkan metode floor time yang didalam penerapannya lebih kepada komunikasi dan interaksi. Hasil dari penerapan metode floor time yang diterapkan oleh orang tua Subjek membuahkan hasil dalam perkembangan-perkembangan emosi, komunikasi dan interaksi saat berada dirumah. Kata Kunci: Anak Autis, Metode Floor Time
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | amalia risqipuspita ningtyas |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 07:43 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 06:58 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/177 |
Actions (login required)
View Item |