IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 3 KENDIT

Amalia, Risqi Puspitaningtyas and Nani Farah Fasica,, M.Pd IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 3 KENDIT. Cermin: Jurnal Penelitian, 8 (1). pp. 182-194. ISSN 2615-3238

[img] Text
Artikel Bu Amel.pdf

Download (329kB)

Abstract

Perkembangan dan karakteristik pada anak SD berbeda-beda, antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lainnya. Karakteristik siswa mencakup beberapa hal penting, diantaranya minat, sikap, motivasi belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang baik dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, mengambil keputusan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa implementasi Pendidikan karakter di SDN 3 Kendit. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa SDN 3 kendit. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi pendidikan karakter di SDN 3 kendit yaitu model keteladan. Selain itu dari 18 karakter nasional juga telah tersubstansi di dalam pendidikan karakter di sekolah ini diantaranya religious, jujur, displin, tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan rasa hormat

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amalia risqipuspita ningtyas
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:51
Last Modified: 25 Jun 2024 01:51
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1520

Actions (login required)

View Item View Item