ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SDN 2 LANDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Moh Ali Yahya, Yahya (2024) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SDN 2 LANDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SDN 2 LANDANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023, 1 (1). pp. 1-11. ISSN 201910012 (Unpublished)

[img] Text
SKRIPSI YAHYAAA fix.docx

Download (144kB)
[img] Text
Moh. Ali yahya (1).pdf

Download (337kB)
[img] Text
JURNAL selesai revisi turnitin (1).pdf.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2024-02-29 at 00.21.24.jpeg

Download (160kB) | Preview

Abstract

Moh. Ali Yahya. 2023. “Analisis Strategi Pembelajaran Interaktif Guru Dalam Pembelajaran IPA Dikelas 4 SDN 2 Landangan Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Dosen Pembimbing I Dodik Eko Yulianto, S.Pd. M.Pd dan Dosen Pembimbing II Ach. Munawi Husein, M.Pd. Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya. Oleh sebab itu, guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara saksama dalam meningkatakan kesempatan belajar bagi siswanya dan memperbaiki kualitas mengajarnya. Strategi pembelajaran interaktif dirancang untuk menjadikan suasana belajar mengajar berpusat pada siswa agar aktif membangun pengetahuan melalui penyelidikan terhadap pertanyaan yang mereka ajukan sendiri. Dalam hal ini, siswa diberikan kebebasan dan kesempatan untuk melibatkan keingintahuan dengan cara membuat pertanyaan mengenai topic yang akan dipelajari, kemudian melakukan penyelidikan atas pertanyaan yang mereka ajukan sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana Analisis Strategi Pembelajaran Interaktif Guru Dalam pembelajaran IPA dikelas 4 SDN 2 landangan. Metode yang gunakan yaitu kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dokumentasi, serta analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data meliputi pengamatan, ketekunan, Triangulasi Berdasarkan hasil penelitian yaitu Strategi Pembelajaran Interaktif Guru Dalam pembelajaran IPA dikelas 4 SDN 2 landangan adalah guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, Menggunakan metode diskusi, saat di beri tugas kelompok dan media pembelajarannya melalaui tanaman pot, media LCD proyektor. Pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi pembelajaran interaktif membuat sebagian besar siswa-siswi kelas 4 SDN 2 Landangan merasa senang dan tidak jenuh karena ketika saat mencari teman untuk kelompok, siswa berlomba-lomba mendiskusikan hasil jawabannya sendiri yang kemudian disimpulkan menjadi jawaban yang tepat. Belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran interaktif siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan guru kelas karena dengan mencari jawaban sendiri siswa dilatih untuk melihat sejauh mana kemampuan dari setiap siswa-siswi terhadap materi pembelajaran IPA, dengan berkelompok siswa dilatih untuk bertanggung jawab dan dengan berdiskusi melatih keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapatnya, selain itu siswa mendapat kesempatan menanggapi pendapat teman sehingga melatih siswa untuk berfikir kritis dalam mempertimbangkan jawaban yang tepat Kata kunci : Strategi Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran IPA ABSTRACT Moh. Ali Yahya. 2023. "Analysis of Teacher Interactive Learning Strategies in Learning Science in Grade 4 SDN 2 Landan Academic Year 2022/2023". Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Abdurachman Saleh University, Situbondo. Advisor I Dodik Eko Yulianto, S.Pd. M.Pd and Advisor II Ach. Munawi Husein, M.Pd. Teachers have a very important role in determining the quantity and quality of the teaching they carry out. Therefore, teachers must think and plan carefully to increase learning opportunities for their students and improve the quality of their teaching. Interactive learning strategies are designed to create a teaching and learning atmosphere centered on students so they actively build knowledge through investigating the questions they ask themselves. In this case, students are given the freedom and opportunity to engage their curiosity by asking questions about the topic to be studied, then carrying out investigations on the questions they ask themselves. Formulation of the problem in research on how to analyze teachers' interactive learning strategies in science learning in class 4 at SDN 2 Landangan. The method used is descriptive qualitative, data collection uses interviews, observation and documentation, and the data analysis used is descriptive qualitative. Checking the validity of the data includes observation, persistence, triangulation Based on the research results, namely the teacher's interactive learning strategy in science learning in class 4 at SDN 2 Landangan, the teacher makes a learning implementation plan (RPP) using the 2013 Curriculum Scientific Approach, using the discussion method, when given group assignments and the learning media is through potted plants, LCD projector media. . Science learning by implementing interactive learning strategies makes the majority of grade 4 students at SDN 2 Landangan feel happy and not bored because when looking for friends for the group, students compete to discuss the results of their own answers which are then concluded to be the right answer. Learning by applying interactive learning strategies, students become more confident in working on the questions given by the class teacher because by looking for their own answers, students are trained to see the extent of each student's ability to understand science learning material. In groups, students are trained to be responsible and by discussing, it trains students' courage to express their opinions, besides that, students get the opportunity to respond to friends' opinions, thereby training students to think critically in considering the right answer. Keywords: Interactive Learning Strategy, Science Learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Moh ali yahya
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:02
Last Modified: 01 Mar 2024 06:02
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item