PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SDN 3 MLANDINGAN WETAN TAHUN AJARANN 2022/2023

Ahmat Jailani, Ahmat (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SDN 3 MLANDINGAN WETAN TAHUN AJARANN 2022/2023. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS 5 SDN 3 MLANDINGAN WETAN TAHUN AJARANN 2022/2023, 1 (1). pp. 1-13. ISSN 201910020 (Submitted)

[img] Text
AhmatJailani (201910020).pdf

Download (333kB)
[img] Text
AhmatJailani (201910020) (1).pdf.pdf

Download (386kB)
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2024-02-28 at 21.30.31.jpeg

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SDN 3 Mlandingan Wetan Tahun Ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini lebih memperhatikan bagaimana guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa di kelas. Sehingga proses pembelajaran di kelas dapat berjalan sesuai keinginan, serta proyek yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat sesuai dalam pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas 5 di SDN 3 Mlandingan Wetan Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi menggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti memahami dan menghayati “ Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SDN 3 Mlandingan Wetan ” Penelitian ini menggunakan guru kelas 5 dan siswa kelas 5 sebagai sumber data utama yang hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model pembelajaran berbasis proyek telah dilaksanakan dengan baik, guru menerapkan 6 langkahlangkah sesuai dengan yang ada pada model tersebut. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek oleh guru dapat meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Dengan adanya pemecahan masalah yang diberikan guru, dan sesi presentasi serta diskusi pada saat kegiatan berlangsung dapat menumbuhkan keterampilan – keterampilan siswa. Serta dengan adanya penggunaan media laptop oleh guru membuat siswa semakin bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Abstract: The research, titled "Implementation of Project-Based Learning Model in Science Subject for 5th Grade Students at SDN 3 Mlandingan Wetan in the Academic Year 13 2022/2023," focuses on how teachers implement the project-based learning model for students in the classroom. This ensures that the classroom learning process runs smoothly according to their desires, and the projects assigned are effectively delivered and align with their creation. This research aims to determine how the implementation of the project-based learning model is carried out for 5th-grade students at SDN 3 Mlandingan Wetan, Bungatan Subdistrict, Situbondo Regency, in the academic year 2022/2023. The research methodology used in this thesis is qualitative descriptive research. The researcher seeks to understand and deeply appreciate the "Implementation of the ProjectBased Learning Model in Science Subjects for 5th Grade Students at SDN 3 Mlandingan Wetan." This research relies on 5th-grade teachers and 5th-grade students as the primary sources of data, and the research findings are presented in the form of words or statements that accurately represent the actual situation. Based on the research findings, it can be concluded that: The implementation of the project-based learning model has been carried out effectively, with teachers following the 6 steps as specified in the model. The implementation of the project-based learning model by teachers has the potential to increase students' interest in learning and improve their learning outcomes. The problem-solving activities provided by the teacher, as well as presentation and discussion sessions during the learning activities, can enhance students' skills. The use of laptops as a teaching tool by the teacher has further motivated students to engage in projectbased learning. Keywords: Project-Based Learning Model

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmat Jailani Ajai
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:01
Last Modified: 01 Mar 2024 06:01
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item