Pembiasaan Literasi Pagi Pada Siswa Kelas II di SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023

Ali Sidqi, Ali (2024) Pembiasaan Literasi Pagi Pada Siswa Kelas II di SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023. Pembiasaan Literasi Pagi Pada Siswa Kelas II di SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023, 1 (1). pp. 1-9. ISSN 201910008 (Unpublished)

[img] Text
Jurnal Ali Sidqi.docx

Download (32kB)
[img] Text
Jurnal Ali Sidqi Turnitin .pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Image
WhatsApp Image 2024-02-28 at 21.05.13.jpeg

Download (132kB) | Preview

Abstract

Sidqi, Ali. 2023. “Pembiasaan Literasi Pagi pada Siswa Kelas II di SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2022-2023”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Dosen Pembimbing Dr. Reky Lidyawati, M.Pd.I dan Aenor Rofek, M.Pd. Kata Kunci : pembiasaan literasi pada siswa kelas II sekolah dasar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan literasi pagi yang diterapkan disekolah dasar kelas II SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo, faktor pendukung dan pengertian pembiasaan dan literasi secara spesifik literasi baca tulis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di SDN 9 Patokan, dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah proses berjalannya kegiatan pembiasaan literasi pagi yakni literasi membaca yang diterapkan di kelas II SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo memiliki tujuan untuk membangun minat baca dan wawasan pengetahuan bagi siswa dan juga sebagai upaya dalam membangun minat literasi membaca. Dengan pembiasaan literasi baca tulis pada siswa secara kontinu dan dengan pendampingan dalam pelaksanaanya. Proses kegiatan pembiasaan berlangsung secara rutin dalam dua hari dalam satu minggu. Kegiatan pembiasaan literasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan kebiasaan pemanfaatan literasi untuk peningkatan hasil belajar dan mampu memberikan dampak positif bagi siswa. Sidqi, Ali. 2023. "Habituation of Morning Literacy for Second Grade Students at SDN 9 Patokan, Situbondo Regency in the 2022-2023 Academic Year". Thesis Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Abdurachman Saleh University Situbondo. Supervisors Dr. Reky Lidyawati, M.Pd.I and Aenor Rofek, M.Pd. Keywords: literacy habituation in grade II elementary school students This study aims to describe the morning literacy habituation applied in grade II elementary school SDN 9 Patokan, Situbondo Regency, the supporting factors and understanding of habituation and literacy specifically reading and writing literacy. This research uses qualitative research, this research was conducted at SDN 9 Patokan, in this study using interviews, observation, and documentation methods. Data analysis used data reduction, data display and conclusion drawing. The results of this study are the process of running morning literacy habituation activities, namely reading literacy applied in class II SDN 9 Patokan, Situbondo Regency, which aims to build interest in reading and knowledge insights for students and also as an effort to build interest in reading literacy. With the habituation of reading and writing literacy in students continuously and with assistance in its implementation. The process of habituation activities takes place regularly in two days a week. This literacy habituation activity also aims to realize the habit of utilizing literacy to improve learning outcomes and be able to have a positive impact on students.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ali Sidqi Sidqi
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:37
Last Modified: 29 Feb 2024 06:37
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item