Amalia, Risqi Puspitaningtyas (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I A SD NEGERI 1 MANGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. IKA PGSD, 4 (2). pp. 444-450. ISSN 2556 - 4459
Text
3. Artikel des 2023 (Sinta 4).pdf Download (481kB) |
|
Text (Jurnal Turnitin)
3. Amalia Risqi Puspitaningtyas (14%).pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Siswa masih ada yang mengalami kesulitan dalam membaca. Siswa yang mengalami kesulitan tersebut akan mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri 1 Mangaran dan sumber kedua adalah guru pengajar atau wali kelas. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa kesulitan membaca dipengaruhi oleh kurangnya bimbingan dan perhatian dari orang tua maupun guru yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian bimbingan khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca akan berdampak pada kemampuan membaca dan peningkatan hasil belajar siswa.Penilaian kemampuan membaca terdapat 4 kriteria yakni yang pertama kelancaran membaca, ketepatan dalam membaca, pelafalan yang tepat, dan intonasi. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa yang lancar dalam membaca kalimat terdapat tujuh siswa menengah atau cukup baik, tujuh siswa sangat baik dalam membaca dari jumlah siswa 19 orang yang masuk. Juga dapat kita simpulkan bahwa kemampuan membaca kelas I A SD Negeri 1 Mangaran masih dikategorikan cukup baik, karena jumlah siswa yang lancar membaca belum mencapai 80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Peserta Didik, Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | amalia risqipuspita ningtyas |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:48 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1438 |
Actions (login required)
View Item |