ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANTU INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Amalia, Risqi Puspitaningtyas (2021) ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANTU INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. IKA PGSD, 10 (2). pp. 163-172. ISSN 2556 - 4459

[img] Text
1. Jurnal IKA PGSD (des 2021).pdf

Download (274kB)
[img] Text (Jurnal Turnitin)
1. Amalia Risqi Puspitaningtyas (15%).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Interaksi sosial merupakan hal yang penting dilakukan oleh seluruh siswa ketika sedang melakukan pembelajaran di sekolah baik bagi anak berkebutuhan khusus ataupun siswa reguler. Anak berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkunganya. SDN kilensari 2 merupakan sekolah inklusi dimana anak berkebutuhan khusus dan siswa reguler belajar dalam satu kelas yang sama, hal ini mampu membantu anak berkebutuhan khusus berinteraksi dengan teman reguler dengan bantuan dari guru. Bentuk interaksi yang di lakukan oleh guru yaitu kerjasama, guru bekerjasama dengan guru pendamping untuk mengenal anak berkebutuhan khusus terkait pemberian materi, tugas dan nilai dan bekerjasama dengan siswa reguler untuk tidak membandingkan anak berkebutuhan khusus dengan siswa lainnya. Interaksi selanjutnya yaitu asimilasi, guru pengajar dalam membimbing anak berkebutuhan khusus tidak takut untuk berinteraksi dengan siswa reguler.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amalia risqipuspita ningtyas
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:48
Last Modified: 22 Feb 2024 01:48
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item