PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn DI SDN 5 PATOKAN DAN SDN 9 PATOKAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Bella Nandita Indah, Pratiwi and Dodik Eko, Yulianto and Ach Munawi, Husein PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn DI SDN 5 PATOKAN DAN SDN 9 PATOKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PKn DI SDN 5 PATOKAN DAN SDN 9 PATOKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN _Bella Nandita Indah Pratiwi.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Bella Nandita Indah Pratiwi.docx.pdf

Download (817kB)
[img]
Preview
Image
17047731955329128695798375217796.jpg

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menuntut guru dalam mengembangkan serta memiliki inovasi dalam pembuatan media pembelajaran di sekolah, sehingga kreatifitas guru yang menjadi penyebab agar proses belajar mengajar di kelas dapat berjalan dengan kondusif. tercapainya tujuan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan belajar mengajar. salah satu masalah pokok dalam proses pembelajaran adalah rendahnya daya serap siswa dalam pembelajaran, sehingga menghasilkan hasil belajar yang kurang memuaskan. metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, yaitu suatu penelitian yang membandingkan dua kelompok sasaran penelitian. tempat pelaksanaan penelitian ini di lakukan di sd negeri 9 patokan kelas v dengan jumlah siswa 20 sebagai kelas kontrol dan sd negeri 5 patokan kelas v dengan jumlah siswa 20, sebagai kelas eksperimen. hasil belajar peserta didikiyang di terapkan media scrapbook memuaskan dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan media scrapbook. hal ini dapat di buktikan dengan nilai posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada perhitungan spss versi 20 for windows. oleh karena itu dengan adanya media scrapbook dan di terapkan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas v dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih tinggi dengan pengaruh yang lebih besar khusunya pada mata pelajaran pkn.setelah penelitian yang dilakukan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran pkn di sdn 5 patokan dan sdn 9 patokan tahun ajaran 2022/2023. ENGLISH The development of science and technology also requires teachers to develop and innovate in making learning media in schools, so that teacher creativity is the cause so that the teaching and learning process in the classroom can run conducively. Achieving learning objectives is one of the factors that really determines the success of teaching and learning. One of the main problems in the learning process is the low absorption capacity of students in learning, resulting in unsatisfactory learning outcomes. This research method uses quantitative research methods with the type of research used is experimental research, namely research that compares two research target groups. The place where this research was carried out was at the SD Negeri 9 benchmark class V with a number of 20 students as the control class and the SD Negeri 5 benchmark class V with a number of students 20, as the experimental class. The learning outcomes of students who applied scrapbook media were satisfactory compared to the learning outcomes of students who did not apply scrapbook media. This can be proven by the posttest scores in the control class and experimental class in the SPSS version 20 for Windows calculations. Therefore, with the existence of scrapbook media and its application in the learning process for class V students, it can improve learning outcomes with greater influence, especially in civics subjects. After this research, it can be concluded that there is an influence of the use of scrapbook media on Class V student learning outcomes in Civics subjects at SDN 5 Patokan and SDN 9 Patokan for the 2022/2023 academic year.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bella nandita indah pratiwi
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:59
Last Modified: 09 Jan 2024 03:59
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item