Pengaruh Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji.

Rosalinda, Rosalinda (2023) Pengaruh Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Text (Pengaruh Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji.)
SKRIPSI ROSALINDA 201910003.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Pengaruh Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji.)
JURNAL ABSTARK INDO ROSALINDA 201910003.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Pengaruh Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji.)
JURNAL revisi 4 ABSTARK INDO ROSALINDA 201910003.docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rosalinda. 2023. Pengaruh Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Gugus 3 Kecamatan Panji. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. DP1 Ach. Munawi Husein, SS., M. Pd. DP2 Dr. Putu Eka Suarmikan, S. T., M. Pd Kata Kunci : Model STAD, Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I gugus 3 Kecamatan Panji. Sekolah yang digunakan untuk penelitian adalah SD Negeri 1 Curah jeru sebagai kelas kontrol dan SD Negeri 5 Mimbaan sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment Post Test Only. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD berbantuan media kartu berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi macam dan tugas profesi yang ada di lingkungan sekitar. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal yakni sig = 0,200 untuk post tes kelas ekperimen dan sig= 0,058 untuk post tes kontrol. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai signifikanso pada based on Mean adalah 0,530 yang artinya data homogen. Hasil uji-T menunjukkan sig (2-tailed) 0,000. Yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpullkan bahwa “Ada pengaruh penggunaan model STAD berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I gugus 3 Kecamatan Panji”. ABSTRACT Rosalinda. 2023. The Influence of the Stad Model (Student Team Achievement Division) Assisted by Letter Card Media on Reading Ability in the Indonesian Language Subject for Class I Cluster 3 Students in Panji District. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Abdurachman Saleh University, Situbondo. DP1 Ach. Munawi Husein, SS., M.Pd. DP2 Dr. Putu Eka Suarmikan, S. T., M.Pd Keywords: STAD Model, Letter Cards, Reading Ability This study aims to determine the effect of using the STAD model assisted by letter card media on reading skills in the Indonesian language class I class 3 students in Panji District. The schools used for the research were SD Negeri 1 Curah Jeru as the control class and SD Negeri 5 Mimbaan as the experimental class. The research method used is Quasi Experiment Post Test Only. The results of the study showed that the STAD model assisted by card media had an effect on students' reading ability in the Indonesian language course on the types of material and professional assignments in the surrounding environment. The results of the normality test showed that the data were normally distributed, namely sig = 0.200 for the experimental class post test and sig = 0.058 for the control post test. The results of the homogeneity test show that the significant value based on the mean is 0.530, which means the data is homogeneous. T-test results showed sig (2-tailed) 0.000. Which means H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that "There is an effect of using the STAD model assisted by letter card media on reading skills in the Indonesian language class I class 3 students in Panji District".

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model STAD; Kartu Huruf; Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rosalinda
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:39
Last Modified: 08 Jan 2024 07:39
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item