Aenor Rofek, Rofek (2019) Penggunaan Buku Komik Karya Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas 3 SDN 2 Duwet Kecamatan Panarukan. EDUCATION, 3 (2). pp. 59-72. ISSN 2548-9399
Text
jurnal education 2019.pdf Download (3MB) |
|
Text
peer penggunaan buku komik fix.pdf Download (830kB) |
Abstract
Peningkatan pembelajaran menulis pada anak-anak yang masih berpikiran seperti itu sangatlah penting. Sebelumnya pada saat prasiklus jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar hanya 6 siswa (30%), karena pada tahap ini guru belum memberikan tindakan pada pembelajaran menulis cerita. Setelah diberi tindakan yaitu dengan penggunaan media buku komik dalam pembelajaran menulis cerita siswa yang mengalami ketuntasan belajar meningkat menjadi 15 siswa (85%). Untuk memperbaiki pembelajaran pada siklus I maka peneliti melaksanakan siklus II, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I disempurnakan dan diperbaiki pada siklus II. Setelah diadakan perbaikan maka pada siklus II buku komik karya guru yang digunakan ceritanya tidak terlalu panjang dan kata-katanya mudah dimengerti oleh siswa sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi cerita secara runtut. Pada siklus II setelah diberi tindakan perbaikan maka kemampuan menulis cerita siswa pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (90%). Pada siklus II ini ketuntasan belajar siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Aenor Rofek, M.Pd |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 03:51 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 04:42 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/135 |
Actions (login required)
View Item |