peningkatan minat baca siswa melalui pojok literasi sekolah di MI Islamiyah Asembagus Kabupaten Situbondo

Fasica, Nani Farah and Setyorini, indah peningkatan minat baca siswa melalui pojok literasi sekolah di MI Islamiyah Asembagus Kabupaten Situbondo. peningkatan minat baca siswa melalui pojok literasi sekolah di MI Islamiyah Asembagus Kabupaten Situbondo, 12 (2). pp. 48-54. ISSN 2656-4456

[img] Text
Nani Farah Fasica.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya minat baca siswa di MI Islamiah Asembagus masih menjadi persoalan di dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran menjadi tidak efektif karena minat baca siswa yang kurang, sehingga penerimaan informasi pembelajaran hanya berasal dari guru. Keterampilan membaca merupakan salah satu kunci pokok untuk siswa memahami materi pejaran. Hal tersebut membuat sekolah MI Islamiyah Asembagus mengadakan program Pojok Literasi Sekolah, sebagaimana yang sudah menjadi program kebijakan pemerintah pada pelaksanaan kurikulum 2013. Kegiatan literasi dilaksanakan 15 menit sebelum kegiatan pmbelajaran berlangsung. Sekolah menyediakan buku sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, dan bahasa siswa disetiap jenjang kelasnya. Jenis-jenis bacaan yang disajikan dalam Pojok Literasi adalah; dongeng, cerita anak, ensiklopedia anak, kamus tumbuhan, kamus binatang, projek membuat maianan, keterampilan, dan buku biografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan kemampuan baca siswa melalui program Pojok Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa minat baca siswa masih kurang. Oleh karena itu program Pojok Literasi Sekolah (PLS) diharapkan siswa dapat memiliki kebiasaan membaca.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nani Farah Fasica, M.Pd
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:42
Last Modified: 05 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item