Lidyawati, Reky and Dewi, Ratih Kesuma (2020) Profesionalisme Dosen Dalam Menerapkan Permainan Tradisional Papan Dakon (Buko English) sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8 (2). pp. 386-393. ISSN 2656-4459
Text
Penelitian Jurna IKA PGSD.pdf Download (5MB) |
|
Text
bu ratih 2.pdf.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai profesionalisme dosen khususnya dalam menerapkan media pembelajaran berupa permainan tradisional dakon “Buko English” untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa semester 2 Prodi Pendidikan guru Sekolah Dasar dengan materi descriptive text. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu 1) Menentukan masalah penelitian, 2) Mengumpulkan data, 3) Analisis dan penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif fenomenologis untuk menjelaskan profesionalisme dosen dalam merancang perencanaan pembelajaran, profesionalisme dosen dalam melaksanakan pembelajaran dan profesionalisme dosen dalam melakukan evaluasi hasil belajar dengan menggunakan permainan tradisional papan dakon sebagai media pembelajaran untuk keterampilan berbicara bahasa inggris. Subyek penelitian sebanyak 20 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah cara penerapan permainan tradisional papan dakon sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Ukuran Tahap Kesiapan Teknologi (TKT) yang diusulkan adalah pada level 2 dengan indikator kinerja dari masing-masing metode/proses nilai tambah yang akan dikembangkan telah menunjukkan hasil yang baik. Kata Kunci: Profesionalisme dosen, Permainan tradisional; dakon; keterampilan berbicara
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ratih Kesuma Dewi |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 09:21 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 03:51 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1155 |
Actions (login required)
View Item |