Dodik Eko Yulianto, M.Pd and Indah, Lestari Setyorini PENGARUHFASILITASPEMBELAJARANDAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARSISWAPADAMATAPELAJARANMATEMATIKA. https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2220.
Text
2220-145-11375-1-10-20220915.pdf Download (200kB) |
|
Text
7, turnitin pengaruh fasilitas belajar pada minat belajar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pencapaianhasilbelajarsiswadipengaruhiolehberbagaifaktor,diantaranyaadalahfasilitasbelajardanminatbelajar.Berdasarkanhasilwawancara dengan gurupengampumatapelajaranMatematika di SDN Cermee3 BondowosomasihbanyaksiswayangmemperolehnilaidibawahKriteriaKetuntasan Minimalyaitu7,0.Permasalahandalampenelitianiniadalahadakah pengaruhfasilitasbelajardan minatbelajarterhadaphasil belajarsiswamatapelajaranMatematikaKelasVPadaPokokBahasanSifat-sifatBangun Datar di SDN Cermee 3 Bondowoso,baiksecaraparsialmaupunsimultan.Tujuanpenelitianiniadalah:(1)untukmengetahuiadakahpengaruhfasilitasbelajarterhadaphasilbelajarsiswa,(2)untukmengetahuiadakah pengaruh minatbelajarterhadaphasilbelajarsiswa,(3)untukmengetahuiadakah pengaruhfasilitasbelajardan minatbelajarterhadaphasilbelajarsiswa mata pelajaranMatematika Kelas V Pada Pokok Bahasan Sifat-sifatBangunDatardiSDNCermee 3Bondowoso.PopulasidalampenelitianadalahsiswaKelas V Pada di SDN Cermee 3Bondowosoyangberjumlah53siswa.Penelitimengambil teknik sensus,yaitu mengambilkeseluruhanpopulasisebagaiobjek penelitian. Variabeldalampenelitianiniterdiridarivariabelbebasyaitufasilitasbelajar(X1)dan minatbelajar(X2)sertavariabelterikatyaituhasilbelajar(Y).Metodepengumpulandatamenggunakanangketdandokumentasi.Analisisdatamenggunakananalisisdeskriptifpersentase dananalisisregresiberganda. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaanalisisregresilinierbergandadiperolehpersamaan: Y=38,519+0,541X1+0,249X2. Ujiparsial(ujit)fasilitasbelajar(X1) diperoleht hitung=5,445,sehinggaH1diterima.Variabelmotivasi belajar(X2) diperoleh t hitung = 2,847, sehingga H2diterima.Secara simultan (R2) fasilitas belajar danmotivasibelajarsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswasebesar94,34%.Simpulanpenelitianiniadalahfasilitasbelajardanminatbelajarberpengaruhterhadaphasilbelajarbaiksecarasimultanmaupunparsial.Saranpenelitianiniadalahpihaksekolahhendaknyamenambahataumemperbaiki fasilitas sekolah. Serta perluadanyapeningkatan minatbelajarsiswaagarsiswaterdoronguntukmencapaicita-citanyadanmeningkatkankemampuanbelajarnyaagarmendapathasilbelajar yanglebih baik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dodik Eko Yulianto M.Pd |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 09:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 14:12 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1074 |
Actions (login required)
View Item |