PENGARUHFASILITASPEMBELAJARANDAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARSISWAPADAMATAPELAJARANMATEMATIKA

Dodik Eko Yulianto, M.Pd and Indah, Lestari Setyorini PENGARUHFASILITASPEMBELAJARANDAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARSISWAPADAMATAPELAJARANMATEMATIKA. https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/2220.

[img] Text
2220-145-11375-1-10-20220915.pdf

Download (200kB)
[img] Text
7, turnitin pengaruh fasilitas belajar pada minat belajar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencapaianhasilbelajarsiswadipengaruhiolehberbagaifaktor,diantaranyaadalahfasilitasbelajardanminatbelajar.Berdasarkanhasilwawancara dengan gurupengampumatapelajaranMatematika di SDN Cermee3 BondowosomasihbanyaksiswayangmemperolehnilaidibawahKriteriaKetuntasan Minimalyaitu7,0.Permasalahandalampenelitianiniadalahadakah pengaruhfasilitasbelajardan minatbelajarterhadaphasil belajarsiswamatapelajaranMatematikaKelasVPadaPokokBahasanSifat-sifatBangun Datar di SDN Cermee 3 Bondowoso,baiksecaraparsialmaupunsimultan.Tujuanpenelitianiniadalah:(1)untukmengetahuiadakahpengaruhfasilitasbelajarterhadaphasilbelajarsiswa,(2)untukmengetahuiadakah pengaruh minatbelajarterhadaphasilbelajarsiswa,(3)untukmengetahuiadakah pengaruhfasilitasbelajardan minatbelajarterhadaphasilbelajarsiswa mata pelajaranMatematika Kelas V Pada Pokok Bahasan Sifat-sifatBangunDatardiSDNCermee 3Bondowoso.PopulasidalampenelitianadalahsiswaKelas V Pada di SDN Cermee 3Bondowosoyangberjumlah53siswa.Penelitimengambil teknik sensus,yaitu mengambilkeseluruhanpopulasisebagaiobjek penelitian. Variabeldalampenelitianiniterdiridarivariabelbebasyaitufasilitasbelajar(X1)dan minatbelajar(X2)sertavariabelterikatyaituhasilbelajar(Y).Metodepengumpulandatamenggunakanangketdandokumentasi.Analisisdatamenggunakananalisisdeskriptifpersentase dananalisisregresiberganda. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaanalisisregresilinierbergandadiperolehpersamaan: Y=38,519+0,541X1+0,249X2. Ujiparsial(ujit)fasilitasbelajar(X1) diperoleht hitung=5,445,sehinggaH1diterima.Variabelmotivasi belajar(X2) diperoleh t hitung = 2,847, sehingga H2diterima.Secara simultan (R2) fasilitas belajar danmotivasibelajarsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswasebesar94,34%.Simpulanpenelitianiniadalahfasilitasbelajardanminatbelajarberpengaruhterhadaphasilbelajarbaiksecarasimultanmaupunparsial.Saranpenelitianiniadalahpihaksekolahhendaknyamenambahataumemperbaiki fasilitas sekolah. Serta perluadanyapeningkatan minatbelajarsiswaagarsiswaterdoronguntukmencapaicita-citanyadanmeningkatkankemampuanbelajarnyaagarmendapathasilbelajar yanglebih baik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dodik Eko Yulianto M.Pd
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:14
Last Modified: 25 Jul 2023 14:12
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item