PENGARUHMODELPBL BERBASIS ETNOSAINSTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Dodik Eko Yulianto, M.Pd and Muhtadi, Irfan (2022) PENGARUHMODELPBL BERBASIS ETNOSAINSTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. http://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2607, 12 (2).

[img] Text
2607-61-12671-1-10-20230114.pdf

Download (408kB)
[img] Text
9.turnitin ARTIKEL ETNO SAINS-1-11.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan padaproses mengajar dan belajar IPA selama ini masih mengorientasikan pada penguasaan materi dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum inovatif seperti model konvensional dan metode ceramah yang membuat proses pembelajaran hanya fokus kepada guru Hal itu mempengaruhi hasil belajar siswa saat mengerjakan tugas mendapat hasil yang tidak optimal.Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode Quasi eksperimentipe nonequivalent posttest only control group. Quasi eksperimen disebut juga dengan eksperimen semu yang bertujuan untuk memprediksi keadaan yang dapat dicapai melalui eksperimen yang sebenarnya, tetapi tidak ada pengontrolan atau manipulasi terhadap seluruh variabel yang relevan.Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning(PBL) berbasis etnosains terhadap hasil belajar siswa kelas 4 gugu 05 kecamatan jatibanteng pada mata pelajaran IPA. Hasil analisis terhadap data penelitian menjawab hipotesis penelitian. Hal ini dibuktikan apa uji IndependentSample Test pada uji hipotesis uji t diperoleh nilai Equal variances assumed, pada kolom sig. (2-tailed) menunjukan hasil belajar siswa adalah sebesar 0,017 < 0,05.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dodik Eko Yulianto M.Pd
Date Deposited: 24 Jul 2023 09:14
Last Modified: 25 Jul 2023 14:15
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item