PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI POJOK BACA DI SDN 7 KAYUMAS KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023

Suyani, - (2023) PENINGKATAN MINAT BACA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI POJOK BACA DI SDN 7 KAYUMAS KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Abdurrachman Shaleh.

[img] Text
Jurnal Suyani.pdf

Download (809kB)
[img] Text
Turnitin Jurnal Suyani.pdf

Download (837kB)
[img] Text
halaman pernyataan orisinalitas.pdf

Download (243kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul Peningkatan Minat Baca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui Pojok Baca di SDN 7 Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun 2023 dilatar belakangi oleh minat baca siswa SDN 7 Kayumas khususnya kelas V masih kurang, banyak siswa yang tidak suka membaca. Hal ini disebabkan karena guru hanya menyuruh anak membaca tanpa memberikan arahan yang membuat mereka termotivasi dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan minat baca siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pojok baca di SDN 7 Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi dua siklus. Dimana dalam tiap siklus terdapat tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pojok baca dapat meningkatkan minat baca. Hasil analisis minat baca siswa berdasarkan data pra siklus hanya mencapai 49,5% (cukup) setelah dilakukan tindakan melalui pojok baca mengalami peningkatan 13% pada siklus I menjadi 62,5% (baik) dan pada siklus II naik 18% menjadi 80,5% (baik sekali) dan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal, siswa dikatakan berhasil apabila ketuntasan siswa mencapai 75% (E. Mulyasa, 2010:257). ABSTRACT The research entitled Increasing Reading Interest of class V students in Indonesian language subjects through the Reading Corner at SDN 7 Kayumas, Arjasa District, Situbondo Regency in 2023 is based on the background of the interest in reading of students at SDN 7 Kayumas, especially class V, which is still lacking, many students do not like reading. This is because the teacher only tells children to read without giving directions that make them motivated to read. The aim of this research is to determine the increase in reading interest of class V students in Indonesian language subjects through the reading corner at SDN 7 Kayumas, Arjasa District, Situbondo Regency. The research method used in this study is the Classroom Action Research (CAR) method which is divided into two cycles. Where in each cycle there are stages including planning, action, observation and reflection. Based on the results of the study it can be concluded that reading corners can increase reading interest. The results of the analysis of students' reading interest based on pre-cycle data only reached 49.5% (fair) after taking action through the reading corner, it increased 13% in cycle I to 62.5% (good) and in cycle II it rose 18% to 80.5 % (very good) and have achieved classical completeness, students are said to be successful if the student's completeness reaches 75% (E. Mulyasa, 2010:257).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: peningkatan: minat baca: pojok baca: bahasa indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SUYANI
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:36
Last Modified: 18 Dec 2023 07:36
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item