Inovasi Pelayanan E-KTP Melalui Program PELANDUK CEPAT (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak Di Tempat) Tahun 2022 Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo

Rani Kholifatun, Jannah (2023) Inovasi Pelayanan E-KTP Melalui Program PELANDUK CEPAT (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak Di Tempat) Tahun 2022 Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo. Inovasi Pelayanan E-KTP Melalui Program PELANDUK CEPAT (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak Di Tempat) Tahun 2022 Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo.

[img] Text
Jurnal Rani Kholifatun Jannah (201914008).pdf

Download (433kB)
[img] Text
jurnal turnitin.pdf

Download (500kB)
[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (359kB)

Abstract

Administrasi publik difokuskan pada aspek manajemen sebagai pelaksana kebijakan Administrasi publik dalam pengelolaan pelayanan publik untuk menciptakan pelayanan prima agar dapat mewujudkan good governance, namun banyaknya tuntutan dari masyarakat terutama pada administrasi kependudukan di bidang E-KTP diperlukan adanya peningkatkan kualitas pelayanan. Dalam hal ini Pemerintah melakukan suatu inovasi untuk menguntungkan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi agar menciptakan pelayanan yang efektif dan efisien seperti program Pelanduk Cepat (Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak Di Tempat) Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman dalam Silalahi (2012:340) dengan informan empat aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo dan satu masyarakat pemanfaat program Pelanduk Cepat. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: 1. Kualitas Pelayanan dalam masih bisa ditingkatkan lagi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat 2. Perlu adanya peningkatkan pemahaman masyarakat terkait prosedur dan alur pelaksanaan pelayanan 3. Mematuhi dan menyesuaikan Peraturan yang ada terkait pelayanan Administrasi kependudukan 4. Pengelolaan pelayananan yang baik melalui pembentukan tim-tim khusus yang ditunjuk dari seluruh bidang yang ada pada administrasi kependudukan untuk dapat berkontribusi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi; Tata Kelola Pemerintah; Pelayanan publik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: rani kholifatun jannah
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:27
Last Modified: 29 Nov 2023 06:27
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item