PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020)

Wulandari, Erlita and Wiryaningtyas, Dwi Perwitasari and Subaida, Ida PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020). Prosiding Nasional 2022 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. ISSN 2964-8750

[img] Text
Prosiding LPM 2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
turnitin prosiding LPM 2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ukuran perusahaan merupakan salah satu atribut utama yang menentukan tanggung jawab sosial perusahaan yang diyakini dapat meningkatkan reputasi yang baik bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Teknik pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural - Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap manajemen laba, Corporate Social Responsibility (Pengungkapan CSR) berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan terhadap manajemen laba melalui Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif signifikan. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba, Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Dr Dwi Perwitasari Wiryaningtyas SE,MM
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:02
Last Modified: 13 Apr 2023 07:02
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item