ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VDI SDN 5 OLEAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021

Mory Victor, M.Pd.I (2022) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VDI SDN 5 OLEAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10 (2). pp. 151-163. ISSN 2656-4459

[img] Text
C.1.5.pdf

Download (204kB)
[img] Text (JURNAL TURNITIN)
C.1.5 Mory Victor Febrianto 15%.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada proses pembelajaran matematika siswa saat mengerjakan soal cerita lebih banyak menggunakan model polya atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan siswa dalam pemecahan soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas V di SDN 5 Olean Kabupaten Situbondo. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian sebanyak 5 siswa yaitu UM, MR, PD, ZH dan RH. Penelitian pertama saat mengerjakan soal, semua siswa tidak sesuai dengan keempat indikator dikarenakan siswa tidak dibiasakan oleh guru dalam memakai cara tersebut. Pada penelitian kedua, ada 2 siswa yang memahami soal cerita dan merencanakan penyelesaian yang diberikan oleh peneliti. Sedangkan umtuk 3 siswa lainnya kurang memahami soal yang diberikan. Pada penelitian ketiga dan keempat, semua siswa telah paham terhadap soal yang diberikan oleh peneliti. Semua siswa mampu mengerjakan soal dengan menuliskan komponen “diketahui" dan komponen “ditanya". Dalam kemampuan merencanakan masalah, siswa telah dapat merencakan masalah pada saat dilakukannya penelitian ketiga dan keempat. Kemampuan melaksanakan rencana pemecahan masalah merupakan kemampuan setelah siswa menuliskan perencanaan. semua siswa sudah mampu menuliskan hal-hal yang diketahui dari soal secara lengkap. Siswa sudah dapat menghitung dengan benar. Dalam kemampuan menyimpulkan kembali, siswa sudah mampu menyimpulkan atau menulis kembali jawaban yang sudah diperoleh.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mory Victor Febrianto
Date Deposited: 07 Apr 2023 04:22
Last Modified: 18 Apr 2023 03:32
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item