POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA BURUH TANI DI SD NEGERI IV KENDIT

Vidya Pratiwi,, M.Pd) and Winditiya Yuliana,, M.Pd) and Gisca Dewi Susilowti, - POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA BURUH TANI DI SD NEGERI IV KENDIT. POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA BURUH TANI DI SD NEGERI IV KENDIT. (Submitted)

[img] Text
Vidya Pratiwi (56).pdf - Submitted Version

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang sering ditinggal orang tuanya bekerja di sawah dan kurangnya intensitas bertemu menyebabkan berkurang pula interaksi orang tua dan anak. Orang tua sangat memberikan kelonggaran kepada anak, kurang pengawasan pada anak sehingga anak cenderung menjadi agresif, tidak patuh, manja, kurang mandiri, mau menang sendiri, kurang matang secara sosial dan kurang percaya diri. Bepijak pada permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk membuat judul “Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Buruh Tani Di SD Negeri IV Kendit. Permasalahan yang diangkat adalah: a) Bagaimanakah Pola pengasuhan anak pada keluarga buruh tani anak di SD Negeri IV Kendit? Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dimana yang diteliti adalah gambaran kehidupan dan tindakan manusia dalam interaksi sosialnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara/ interview dan dokumen. Dalam menganalisis data ada tiga jalur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan vertivikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Keluarga buruh tani dari siswa SD Negeri IV Kendit pada aspek pengawasan (kontrol) cenderung menggunakan pola asuh permisif karena keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit tidak terlalu ketat dalam mengontrol tingkah laku anak dalam sehari-hari. Pada aspek komunikasi Keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit cenderung menggunakan pola asuh demokratis karena keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit dalam berkomunikasi dengan anak tidak ada pembatas/jarak. Anak dibiarkan bebas berpendapat dan orang tua meresponnya dengan baik. Keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit pada aspek disiplin cenderung menggunakan pola asuh otoriter karena keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit disiplin yang diterapkan pada anak terjadi secara sepihak, tanpa ada perjanjian terlebih dahulu antara orang tua dengan anak. Keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit pada aspek hadiah/hukuman cenderung menggunakan pola asuh otoriter karena keluarga buruh tani di SD Negeri IV Kendit jarang sekali memberikan hadiah pada anak dan orang tua sering memberi hukuman tanpa alasan yang jelas. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kelurga Buruh Tani

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:10
Last Modified: 10 Mar 2023 09:10
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item View Item