PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWAYANG MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKANMETODE CERAMAH PADA KELAS V DI SD NEGERI 1BESUKI

Vidya Pratiwi,, M.Pd) and (Nani Fara Fasica,, M.Pd) and Nanik Setia Handayani, - (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWAYANG MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKANMETODE CERAMAH PADA KELAS V DI SD NEGERI 1BESUKI. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWAYANG MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKANMETODE CERAMAH PADA KELAS V DI SD NEGERI 1BESUKI. (Submitted)

[img] Text
Vidya Pratiwi (57).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo. Peneliti ini adalah penelitian True experimental design, yaitu Penelitian Eksperimen dimana menggunakan kelas pembanding yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Normalitas, homogenitas dan uji hipotesis tes yang diambil dari soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model make a match dan ceramah sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas 5pada mata pelajaran IPS pada pokok bahasan dampak perkembangan teknologi komonikasi dan informasi semester 1 di SD Negeri 1 Besuki dengan nilai yang diperoleh sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji t-test maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar antara penggunaan metode ceramah dengan penggunaan model make a match Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin bervariasi model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran maka hasil belajar siswa juga akan meningkat. Kata kunci: Model Cooperatif Tipe Make a Match, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:24
Last Modified: 10 Mar 2023 07:24
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item View Item