PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SEMPOL 3 KABUPATEN BONDOWOSO

Indah Lestari Setiorini,, S.Pd. MM and Vidya Pratiwi, M.Pd and (Alfin Riadi), - PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SEMPOL 3 KABUPATEN BONDOWOSO. PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SEMPOL 3 KABUPATEN BONDOWOSO. (Submitted)

[img] Text
Indah Lestari 99.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, banyak faktor yang harus dipertimbangkan diantaranya dalam hal penyampaian materi yang lebih inovatif. Salah satu metode yang tepat adalah dengan menggunakan metode inquiry, metode inquiry merupakan metode yang mampu menggiring peserta didik untuk menyadari apa yang telah didapatkan selama belajar. Inquiry menempatkan peserta didik sebagai subyek belajar yang aktif. Kendati metode ini berpusat pada kegiatan peserta didik, namun guru tetap memegang peranan pentinng sebagai pembuat desain pengalaman belajar. Maka dari itu judul dari penelitian ini adalah “Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Sempol 3 Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2020-2021”. Berdasarkan hasil observasi di kelas III ditemukan permasalahan yaitu siswa acuh terhadap materi yang disampaikan guru, mengobrol, berjalan-jalan, dan kurang antusias mengikuti jalannya kegiatan pembelajaran. Mata pelajaran Matematika dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang membosankan, hal itu yang menyebabkan siswa cenderung tidak memperhatikan gurudan tidak antusias mengikuti jalannya pembelajaran sehingga siswa tidak memahami materi yang disampaikan yang berujung pada tidak maksimalnya hasil belajar yang dicapai. Berdasarkan hasil analisis pra siklus sebanyak 43,75% siswa yang tuntas KKM sedangkan pada siklus 2 sebanyak 87,5% siswa dari jumlah keseluruhan nilainya sudah dapat mencapai KKM yaitu 65 dan dari hasil tersebut ketuntasan klasikal sudah tercapai. Berdasarkan perolehan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di kelas III SD Negeri Sempol 3 Kabupaten Bondowoso dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode inquiry pada mata pelajaran Matematika semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021. Kata kunci : Inquiry, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:23
Last Modified: 10 Mar 2023 03:23
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item