PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS 2 KECAMATAN JATIBANTENG SEMESTER GANJIL

Dodik Eko Yulianto, M.Pd and Heldie Bramantha, S,Pd, M.Pd and Putri Wachadania, - PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS 2 KECAMATAN JATIBANTENG SEMESTER GANJIL. PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE CERAMAH PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS 2 KECAMATAN JATIBANTENG SEMESTER GANJIL.

[img] Text
Dodik Eko Yulianto 79.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia pendidikan, strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal adalah dinamakan dengan metode. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi Mengacu pada konteks belajar mengajar bahwa strategi dalam penelitian ini adalah tehnik atau siasat yang digunakan guru dan diperagakan oleh guru dan siswa dalam berbagai peristiwa pembelajaran untuk mewujudkan tujuan pembelajaran agar lebih efektif dan efisien sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran yang dilakukan guru SDN 1 kapongan masih belum berjalan secara maksimal, salah satunya guru belum melengkapi perangkat pembelajaran sebagai acuan untuk memcapai tujuan pembelajaran, maka dilakukan penelitian dengan rumusan permasalahan : Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru SDN 1 Kapongan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan dan permasalahan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yng dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik (utuh), dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang dialamiah dan dengan memanfatkan berbagai metode ilmiah. Sedangkan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil penelitian yang akan diuraikan tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi pengelolaan kelas guru SDN 1 Kapongan serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya, mengacu pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Yaitu : pada perencanaan stretegi pengelolaan kelas, guru masih belum menyelesaikan semua perangkat pembelajaran yang ada, guru belum melengkapi silabus. Pada proses perencanaan guru mencoba membuat cara untuk menarik perhatian siswa dengan metode member soal cepat tepat, selain itu guru juga melakukan pendekatan secara kelompok dan individual terhadap siswa, namun tidak terlalu sering. Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan kelas

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:15
Last Modified: 10 Mar 2023 02:15
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item