KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI SDN 2 DAWUHAN SITUBONDO

Ach Munawi Husein, S.S, M.Pd and Gustilas Ade Setiawan, S.Pd, M.Pd and Rian Amindin, Razaq KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI SDN 2 DAWUHAN SITUBONDO. KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI SDN 2 DAWUHAN SITUBONDO.

[img] Text
Ach. Munawi Husein 15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (654kB)

Abstract

Guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi ia juga harus sebagai pendidik, dimana guru mampu memberikan secara maksimal pemahaman yang nantinya dapat diamalkan oleh anak didik. Secara umum guru memiliki tiga tugas penting, yakni mendidik, mengajar, dan meltih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, dan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan untuk kehidupan siswa. Untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab tersebut, seorang guru dituntut memilki beberapa kemampuan dan kompetensi tertentu sebagai bagian dari profesionalisme guru. Salah satu profesionalisme yang harus dimiliki oleh guru dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas anak didik adalah keterampilan mengajar atau istilah lain kemampuan guru untuk meningkatkan semangat belajar anak didik. Keterampilan mengajar dimaksudkan agar anak didik dikemudian hari memiliki kemampuan pula dalam mengajar, sehingga antar pengajar tidak ada keterputusan generasi. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada keterampilan mengajar guru melalui delapan keterampilan, yaitu keterampilan menjelaskan, keterampilan membuat variasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing kelas kecil, keterampilan bertanya, dan keterampilan mengajar kelompok. Akan tetapi, dari berbagai keterampilan di atas, tidak sedikit lembaga-lembaga pendidikan, dimana para pendidik kurang memperhatikan pentingnya keterampilan mengajar, sehingga hal ini berdampak terhadap rendahnya tingkat pemahaman anak didik. Oleh karena itu, peneliti melalui penelitian ini merasa tergugah untuk lebih fokus lagi menguraikan pentingnya keterampilan mengajar guru, sehingga harapan terbesar bagi peneliti adalah tingginya pemahaman siswa terhadap pelajaran, sehingga anak didik menjadi generasi yang hanya sebagai penikmat, melainkan juga sebagai anak didik yang mampu memajukan bangsa Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menfokuskan pada objek penelitian di SDN 2 Dawuhan. Harapannya agar para guru, khususnya di Situbondo mampu memberikan yang terbaik terhadap anak didik. Kata kunci : Guru, profesionalism, peneliti memfokuskan pada keterampilan mengajar guru

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpus
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:15
Last Modified: 10 Mar 2023 02:15
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item