DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN LOYATAS PELANGGAN DIVERSIFICATION AND PRODUCT QUALITY IN BUILDING CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY

Randika, Fandiyanto and Tyas, Nuril Chofijah and Siti, Soeliha (2022) DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN LOYATAS PELANGGAN DIVERSIFICATION AND PRODUCT QUALITY IN BUILDING CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY. DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN LOYATAS PELANGGAN DIVERSIFICATION AND PRODUCT QUALITY IN BUILDING CUSTOMER SATISFACTION AND LOYALTY, 6. ISSN 2615 – 3238

[img] Text
11. turnitin 2022 CERMIN DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN.pdf

Download (644kB)
[img] Text
11. 2022 CERMIN DIVERSIFIKASI DAN KUALITAS PRODUK DALAM MEMBANGUN.pdf

Download (446kB)

Abstract

Pemasaran adalah sistem total kegiatan bisnis yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Setiap kegiatan baik yang bergerak dibidang kuliner, pendidikan, perkantoran dan lain sebagainya membutuhkan jasa percetakan. Jasa percetakan saat ini dituntut untuk menyediakan kebutuhan lain yang mendukung perkembangan bisnis ini di masa yang akan datang. Rava Printing adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang jasa dengan menyediakan kebutuhan alat tulis kantor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh diversifikasi produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rava Printing. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan quota sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural – Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, diversifikasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. loyalitas, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa variabel diversifikasi produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan. Kata kunci: diversifikasi produk; kualitas layanan; kepuasan konsumen; loyalitas pelanggan ABSTRACT Marketing is a total system of business activities designed to satisfy consumer needs. Every activity, whether engaged in culinary, education, offices and so on, requires printing services. Printing services are currently required to provide other needs that support the development of this business in the future. Rava Printing is a service company engaged in services by providing office stationery needs. The purpose of this study was to analyze and examine the effect of product diversification and service quality on customer loyalty through consumer satisfaction. This research is quantitative method research. The population in this study are consumers of Rava Printing. The sampling technique was determined by quota sampling. Data analysis and hypothesis testing in this study used the Structural Equation Model – Partial Least Square (PLS-SEM). The results of the direct influence hypothesis test using the Smart PLS 3.0 application, show that the product diversification variable has a significant positive effect on consumer satisfaction, service quality has a significant positive effect on consumer satisfaction, product diversification has a significant positive effect on customer loyalty, service quality has a significant positive effect on loyalty customers, consumer satisfaction has a significant positive effect on customer loyalty. The results of the indirect effect hypothesis test show that the product diversification variable on customer loyalty through customer satisfaction has a significant positive effect, and service quality on customer loyalty through customer satisfaction has a significant positive effect. Keywords: product diversification, service quality, consumer satisfaction, customer loyalty

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Randika Fandiyanto UNARS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:04
Last Modified: 05 Dec 2022 07:04
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item