Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Muatan Pelajaran PPKn di Kecamatan Situbondo

afif, amroellah and Putu Eka, Suarmika Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Muatan Pelajaran PPKn di Kecamatan Situbondo. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (2). pp. 36-39. ISSN p-ISSN: 2477-5940 e-ISSN: 2477-8435

[img] Text
2. ARTIKEL_Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (285kB)
[img] Text
Peer Review_ Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar (Gabung).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Turnitin_Analisis Persepsi Guru SD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam pembelajaran PPKn pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi. Penelitian ini dilkukan di Kecamatan Situbondo dengan responden sebanyak 41 guru dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian: 1) Persepsi guru tentang pembelajaran PPKn hanya memahami tentang dimensi nilai-nilai pancasila dan nilai karakter. Hal ini tidak terlepas dari penerapan kurikulum 2013 yang lebih menekankan tentang pendidikan karakter. Jadi pemahaman guru tentang PPKn adalah pembelajaran tentang nilai-nilai karakter, 2) Belum terlihat pemahaman guru tentang dimensi pengetahuan dan keterampilan kewarganegaraan. Artinya pemahaman guru tentang PPKn hanya sebatas hafalan bukan mengajarkan untuk terampil berpikir kritis, sebagai problem solving dan bagimana mengajarkan untuk menjadi warganegara yang baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: afif am roellah
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:31
Last Modified: 22 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item