afif, amroellah and putu, suarmika ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI GUGUS 2 KECAMATAN PANJI. Education Journal : Journal Education Research and Development. ISSN p-ISSN : 2548-9291 e-ISSN : 2548-9399
Text
1. ARTIKEL_ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF.pdf Download (318kB) |
|
Text
Peer Review_Analisis Pengaruh Keterampilan Metakognitif (Gabung).pdf Download (1MB) |
|
Text
Turnitin_Analisi Pengaruh Keterampilan Kognitif.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan metakognitif terhadap berpikir kritis siswa kelas v di gugus 2 kecamatan panji. Metode penelitian ini adalah korelasi spearman rho, dengan n menyatakan banyak pasang data, harga-harga rs bergerak mulai dari paling kecil – 1 sampai dengan paling besar + 1, ≤ rs ≤ + 1. Harga + dicapai jika peringkat pasangan kedua variabel identik, sedangkan ¬– 1 dicapai jika peringkat pasangan variabel bertentangan. Anggota populasi pada penelitian ini berjumlah 106 siswa. Berdasarkan penghitungan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kepercayaan 5% diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Rata rata untuk keterampilan metakognitif siswa sebesar 94,45 dengan standar deviasi 8,229. Sedangkan untuk berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki nilai rata-rata 49, 23 dengan standar deviasi 16,492. Hasil analisis korelasi spearman rho, menunjukkan nilai sebesar 0,004 pada taraf signifikan 5% yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di Gugus 2 Kecamatan Panji. Sedangkan tingkat hubungan yag terjadi antara keterampilan metakognitif dengan berpikir kritis, menunjukkan hubungan yang rendah dengan koefisisen korelasi sebesar 0,307.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | afif am roellah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 07:17 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:17 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/330 |
Actions (login required)
View Item |