PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PROSHOW GOLD PADA SISWA SEKOLAH DASAR

heldie, bramantha (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PROSHOW GOLD PADA SISWA SEKOLAH DASAR. IKA PGSD, 09 (1). pp. 296-309. ISSN 2556 - 4459

[img] Text
1064-61-3217-1-10-20210807.pdf

Download (380kB)
[img] Text
cek plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
reviewer .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar melalui penggunaan media pembelajaran berbasis video Proshow Gold pada siswa kelas 4 di SD Negeri 3 Mangaran kabupaten Situbondo. Subyek penelitian adalah kelas 4 SDN 3 Mangaran yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart, satu siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisi data penilitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase aktivitas guru, berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pada kemampuan kritis di siklus 1 sebesar 63% siswa yang mengalami ketuntasan dalam mengerjakan kuis. Pada tahap siklus 2 sebesar 84% siswa yang mengalami ketuntasan dalam mengerjakan kuis sehingga penelitian dihentikan. Sedangkan hasil belajar pada kegiatan sebelumnya sebesar 44% siswa yang mengalami ketuntasan. Pada siklus 1, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68% siswa yang mengalami ketuntasan belajar dalam ulangan harian. Dari tahap pra siklus ke siklus terdapat peningkatan. Pada siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 89% siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar sehingga penelitian di hentikan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video Proshow Gold dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Mangaran Kabupaten Situbondo

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heldie Bramantha
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:30
Last Modified: 21 Jan 2022 08:17
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item