PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

heldie, bramantha (2020) PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. al-aulad: Journal of Islamic Primary Education, 03 (1). pp. 46-55. ISSN 2620-5238

[img] Text
artikel.pdf

Download (478kB)
[img] Text
cek turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
reviewer .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo dan Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur masing-masing variabel kondisi ekonomi orang tua dan motivasi belajar.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kondisi ekonomi orang tua tinggi sebesar 40,9% dengan responden 9 siswa, sedang sebesar 50% dengan responden 11 siswa, dan rendah sebesar 9,1% dengan responden 2 siswa. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 59,7 % dengan t = 5,447 dan nilai signifikansi 0,000, sedangkan sumbangan sebesar 40,3% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heldie Bramantha
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:30
Last Modified: 10 Jan 2022 06:40
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item