Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2019-2022.

Kharisma Mutiara Kasih, Kharisma (2024) Pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2019-2022. Other thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text
Turnitin Jurnal.pdf

Download (913kB)
[img] Text
jurnal berlogo.pdf

Download (939kB)
[img] Text
halaman orisinalitas .pdf

Download (282kB)

Abstract

Indonesian Perusahaan makanan dan minuman saat ini mengalami perkembangan yang pesat karena menjadi salah satu kebutuhan masyarakat pada umumnnya, semakin maraknya ekspansi diharapkan dapat memberikan konstribusi kepada masyarakat dan perusahaan. Tujuan dari peneelitian ini Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal pada perusahaan makanan dan minuman sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode peneliitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel 9 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Model Persamaan Structural-Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil pengujian hipotesis mengenai dampak langsung menggunakan Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa Profitabilitas secara signifikan negatif terhadap Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan secara negatif namun tidak signifikan terhadap Struktur Modal, Ukuran Perusahaan secara signifikan positif terhadap Struktur Modal, Profitabilitas secara positif namun tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan secara positif namun tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan secara negatif namun tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Struktur Modal secara positif namun tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan variabel Profitabilitas secara negatif namun tidak signifikan terhadap Struktur Modal melalui Nilai Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan secara negatif namun tidak signifkan terhadap Struktur Modal melalui Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan secara positif namun tidak signifikan terhadap Struktur modal melalui Nilai Perusahaan. Kata kunci : Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan. English Food and beverage companies are currently experiencing rapid development because it is one of the needs of society in general, and the increasing expansion is expected to contribute to society and companies.The purpose of this research is to investigate the impact of Profitability, Sales Growth, and Company Size on Company Value with Capital Structure as an intervening variable in food and beverage companies.This research uses quantitative research methods, specifically the Structural Equation Model-Partial Least Square (PLS-SEM) method.The population in this study were companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) with a sample of 9 companies, selected using purposive sampling. The results of hypothesis testing regarding direct effects using Smart PLS 3.0 show that profitability is significantly negative to Capital Structure, Sales Growth is negative but insignificant to Capital Structure, Company Size is significantly positive to Capital Structure, Profitability is positive but insignificant to Company value, Sales Growth is positive but insignificant to Company value, Company Size is negative but insignificant to Company value, Capital Structure is positive but insignificant to Company value. These findings suggest that in the food and beverage industry, a company's profitability and size significantly impact its capital structure, which in turn affects its value. However, the relationship between sales growth and these variables needs to be clarified, indicating a need for further research in this area. Keywords: Profitability, Sales Growth, Company Size, Capital Structure, Company Value.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Kharisma Mutiara Kasih
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:14
Last Modified: 31 Oct 2024 03:14
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item