PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA “PERCETAKAN KUSUMA” DI SITUBONDO

Rozikin Miftahul Fattah, Rozi (2024) PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA “PERCETAKAN KUSUMA” DI SITUBONDO. Diploma thesis, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.

[img] Text (Hasil Turnitin Jurnal)
Hasil Turnitin Jurnal_Rozikin Miftahul Fattah_202013074.pdf

Download (810kB)
[img] Text
JURNAL_Rozikin Miftahul Fattah_202013074.pdf

Download (403kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS_Rozikin Miftahul Fattah_202013074.pdf

Download (287kB)

Abstract

Perkembangan dalam industri percetakan mengalami pertumbuhan yang baik berkenaan di era digital saat ini hampir disetiap jalan terpampang banner atau billboard dan semakin maraknya penjualan yang melibatkan percetakan sebagai media terutama dalam mencetak buku, koran, hingga komik yang sering dibaca oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Percetakan Kusuma di Situbondo. Sasaran responden dari penelitian ini adalah konsumen Percetakan Kusuma dengan menggunakan metode simple random sampling. Analisis data dan hipotesis menggunakan Model Persamaan Struktural-Partial Leas Square (PLSSEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0 menunjukkan bahwa Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kepuasan konsumen. Kualitas produk berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Kepuasan konsumen. Harga berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas. Kualitas produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas. Kualitas pelayanan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas. Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan melalui Kepuasan konsumen. Kualitas produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas melalui Kepuasan konsumen. Developments in the printing industry have experienced good growth in the current digital era, banners or billboards are plastered on almost every street and sales are increasing which involve printing as a medium, especially in printing books, newspapers and comics which are often read by the public. The aim of this research is to analyze and test the influence of price, product quality and service quality on loyalty through consumer satisfaction as an intervening variable at Kusuma Printing in Situbondo. The target respondents for this research are Kusuma Printing consumers using a simple random sampling method. The data analysis and hypotheses used the Structural Equation Model–Partial Leas Square (PLS-SEM). The results of the direct influence hypothesis test using the Smart PLS 3.0 application show that price has a positive but not significant effect on consumer satisfaction. The product quality has a significant positive effect on consumer satisfaction. The service quality has a significant positive effect on consumer satisfaction. The price has a negative but not significant effect on Loyalty. The product quality has a positive but not significant effect on Loyalty. The service quality has a negative but not significant effect on loyalty. The consumer satisfaction has a significant positive effect on Loyalty. The price has a positive but not significant effect on consumer satisfaction. The product quality has a positive but not significant effect on loyalty through consumer satisfaction. The service quality has a significant positive effect on loyalty through consumer satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Rozikin Miftahul Fattah
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:25
Last Modified: 11 Oct 2024 07:25
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item