maisaroh, may (2024) Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Kualita Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen pada Rengginang Berlian Srianti di Situbondo. Other thesis, UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH SITUBONDO.
Text (jurnal)
JURNAL MAY.pdf Download (805kB) |
|
Text
TURNITIN JURNAL.pdf Download (860kB) |
|
Text
pernyataan orisinalitas.pdf Download (83kB) |
Abstract
UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) merupakan unsur terpenting bagi kemajuan perekonomian Indonesia. UMKM mempunyai potensi basis ekonomi nasional yang kuat dan daya serap tenaga kerja sangat besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Poupulasi dalam penelitian ini adalah konsumen Rengginang Berlian Srianti di Situbondo. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan simple random sampling. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Model Persamaan Struktural-Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil uji hipotesis pengaruh langsung menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, menunjukkan bahwa Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen, Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas konsumen, Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas konsumen, Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas konsumen, Kepuasan konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas konsumen. Hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan variabel Promosi terhadap Loyalitas konsumen melalui Kepuasan konsumen berpengaruh positif namun tidak signifikan, Kualitas produk terhadap Loyalitas konsumen melalui Kepuasan konsumen berpengaruh negatif namun tidak signifikan, Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas konsumen melalui Kepuasan konsumen berpengaruh negatif namun tidak signifikan. Kata kunci: Promosi, Kualitas produk, Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Loyalitas konsumen. Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are pivotal for Indonesia's economic progress, offering a robust national economic base and substantial employment opportunities. This study aims to explore how promotion, product quality, and service quality influence customer satisfaction and loyalty. Conducted as explanatory research, the study focuses on customers of Rengginang Berlian Srianti in Situbondo, sampled through simple random sampling. Data analysis and hypothesis testing utilized Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Findings from Smart PLS 3.0 indicate that promotion does not significantly affect customer satisfaction, whereas product quality and service quality do. However, promotion does not significantly impact customer loyalty, nor does product quality directly influence it. Interestingly, service quality does positively affect customer loyalty. Moreover, customer satisfaction does not significantly correlate with customer Loyalty. Indirectly, Promotion positively affects Customer loyalty through customer satisfaction, albeit insignificantly. Conversely, product quality and service quality negatively influence customer loyalty via customer satisfaction, though not significantly. Keywords: promotion, product quality, service quality, customer satisfaction, customer loyalty
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Maisaroh |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 06:06 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 06:06 |
URI: | http://repository.unars.ac.id/id/eprint/2616 |
Actions (login required)
View Item |