EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSIRTAS ABDURACHMAN SALEH

winditiya, yuliana (2020) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSIRTAS ABDURACHMAN SALEH. jurnal IKA PGSD, 2 (8). pp. 417-428. ISSN 2338-3860

[img] Text (TURNITIN)
Winditiya Yuliana 20%(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL IKA BU WINDI.pdf

Download (576kB)
[img] Text
PEER REVIEW BU WINDI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah salah satu jalan alternatif yang dapat dialakukan ditengah pandemic Covid-19 khususnya yang di Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran efektifitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Abdurachman Saleh Situbondo sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Situbondo. Subjek penelitian pada makalah ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Data dikumpulkan dengan cara wawancara melalui google meet. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mahasiswa memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran daring mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di Situbondo.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Winditiya Yuliana , M.Pd
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:52
Last Modified: 18 Feb 2022 03:16
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item