PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA HURUF HIJAIYAH DAN HARAKAT KELAS I SD MUHAMMADIYAH PANJI

Mory, Victor Febrianto PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA HURUF HIJAIYAH DAN HARAKAT KELAS I SD MUHAMMADIYAH PANJI. EDUCATION. ISSN 2548-9399

[img] Text (Jurnal Turnitin)
1. Mory Victor Febrianto 15%.pdf

Download (1MB)
[img] Text (jurnal)
225

Download (4kB)
[img] Text (Sertifikat HaKI)
C.6.2 2020 Mory.pdf

Download (770kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode permainan kartu surat di 1 SDN Panji Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Model PTK. Penelitian ini menggunakan mata pelajaran kelas 1 sekolah dasar Muhammadiyah 1 Panji, yang berjumlah 23 anak. Objek penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan membaca surat dan hadiah hijaiyah melalui media bermain kartu surat. Metode pengumpulan data menggunakan observasi daftar periksa, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca awal dalam pra-siklus penelitian dengan 23 subjek penelitian, ada 13 siswa atau 57% telah mencapai ketuntasan sedangkan 10 atau 43% belum mencapai ketuntasan. Setelah melakukan penelitian dengan menggunakan metode permainan kartu surat pada siklus pertama ada peningkatan dengan 18 siswa atau 78% siswa yang menyelesaikan sementara 5 siswa atau 22% tidak selesai. dan pada siklus II meningkat lagi dengan semua siswa atau 100% siswa menyelesaikan dan .. Langkah-langkah implementasi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah dan hadiah anak-anak adalah dengan menggunakan media permainan kartu kartu, guru memberikan penjelasan tentang surat-surat hijaiyah, dan memberikan apresiasi verbal dan tepuk tangan kepada siswa yang bisa. Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Kecerdasan Sosial. ABSTRACT: This study aims to improve the ability to read hijaiyah letters through the letter card game method in 1 Panji Muhammadiyah Primary School. This type of research is classroom action research using the Kemmis and Mc Model PTK research model. This study used the subject of grade 1 Muhammadiyah 1 Panji elementary school, amounting to 23 children. The object of the study focuses on improving the ability to read hijaiyah letters and gifts through the media playing letter cards. The method of collecting data uses checklist observation, interviews, tests and documentation. Data were analyzed using percentage descriptive techniques. The results showed that there was an increase in the ability to read early in pre-cycle research with 23 research subjects, there were 13 students or 57% had achieved completeness while 10 or 43% had not achieved completeness. After conducting research using the letter card game method in the first cycle there was an increase with 18 students or 78% of students who completed while 5 students or 22% were not completed. and in cycle II it increases again with all students or 100% students completing and .. Implementation steps that are used to improve the ability to read the letters hijaiyah and the children's gift is by using letter card game media, the teacher gives an explanation of the letters hijaiyah, and giving verbal appreciation and applause to students who can. Keywords: Media Game, Hasil Belajar Dan Huruf Hijaiyah

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mory Victor Febrianto
Date Deposited: 26 Apr 2021 07:02
Last Modified: 07 Apr 2023 05:47
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item