PenerapanHukum Transaksi Electronic CommerceTerhadap Perlindungan Konsumen

Ibrahim, Muhammad Yusuf PenerapanHukum Transaksi Electronic CommerceTerhadap Perlindungan Konsumen. FENOMENA, 14 (1). pp. 1400-1410. ISSN 0215-1448.

[img] Text
document (1).pdf

Download (804kB)
[img] Text (Cek Plagiasi Turnitin)
12% Penerapan Hukum Transaksi Electronic Commerce Terhadap Perlindungan Konsumen.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review_penerapan hukum.pdf

Download (686kB)

Abstract

Kegiatan perdagangan di masyarakat telah berkembang sangat pesat. Hal tersebut dipengaruhi salah satunya dengan berkembangnya teknologi yang berbasis internet yang dikenal dengan nama E-commerce. E-commerce merupakan bentuk perdagangan yang mempunyai karakteristik tersendiri yaitu perdagangan yang melintasi batas negara, tidak bertemunya penjual dan pembeli, media yang dipergunakan internet. Kondisi tersebut di satu sisi sangat menguntungkan konsumen, karena mempunyai banyak pilihan untuk mendapatkan barang dan jasa tetapi di sisi lain pelanggaran akan hak –hak konsumen sangat riskan terjadi karena karakteristik E-commerce yang khas. Maka dari itu sangat diperlukan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi E-commerce. Dalam penelitianini diangkatdua permasalahan yaitu bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen menurutUndang-Undang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, kedua bagaimanapenyelesaian sengketa yang diatur di Undang-Undang PerlindunganKonsumen dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif karena merupakan penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: muhammad yusuf ibrahim
Date Deposited: 25 Jan 2021 19:26
Last Modified: 25 Jan 2021 19:26
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item