ANALISIS METODE CERAMAH MATERI PENYAJIAN DATA STUDI KASUS DI SDN 3 TANJUNG PECINAN

NURIL, LAili (2024) ANALISIS METODE CERAMAH MATERI PENYAJIAN DATA STUDI KASUS DI SDN 3 TANJUNG PECINAN. ANALISIS METODE CERAMAH MATERI PENYAJIAN DATA STUDI KASUS DI SDN 3 TANJUNG PECINAN, 1 (1). pp. 1-10. (Unpublished)

[img] Text
JURNAL NURILL NEW.docx.pdf

Download (192kB)
[img] Text
JURNAL NURILL NEW.docx

Download (192kB)
[img]
Preview
Image
PO.jpg

Download (91kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang sangat penting dalam membangun dan meningkatkan kualitas kehidupan pada bangsa ini. Menurut Wulandari, dkk (2018) mengemukakan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan hidup manusia mutlak yang harus dipenuhi demi tercapainya tujuan hidup. rendahnya nilai ulangan semester 1 atau nilai dibawah KKM yang ditentukan. dari 8 orang siswa terdapat 2 siswa yang tuntas dan 6 siswa tidak tuntas. Rendahnya belajar matematika menandakan adanya faktor-faktor yang berperan dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Metode ceramah salah satu metode yang sering digunakan oleh seorang guru. Metode ceramah adalah cara penyampaian materi pembelajaran dengan mengutamakan interaksi antara guru dan siswa. Dimana seorang guru menyamapaikan materi pembelajarannya melalui proses penerangan dan penuturan secara lisan kepada siswa . Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran metode mengajar guru pada materi penyajian data pembelajaran matematika di SDN 3 Tanjung Pecinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan menggunakan metode ceramah pembelajaran di SDN 3 Tanjung Pecinan. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi berperan serta dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan metode reduksi data yaitu dengan cara mengklasifikasikan masing-masing aspek metode pembelajaran. Hasil yang didapat kemudian dimasukkan ke dalam tabel reduksi data kemudian menarik kesimpulan umum dari data yang diperoleh. Kesimpulan penelitian ini, yaitu Guru di SD tersebut menggunakan metode ceramah dalam proses mengajar. Dikarenakan keadaan dan kondisi yang berada di pedesaan jadi guru disana memahami dan mengambil cara dalam menyampaikan materi pembelajaran . Kata kunci : Metode Ceramah Education is a very important effort in building and improving the quality of life in this nation. According to Wulandari, et al (2018) suggest that education is an absolute need for human life that must be met in order to achieve life goals. low semester 1 repeat value or value below the specified KKM. Of 8 students there are 2 completed students and 6 incomplete students. Low learning mathematics indicates the presence of factors that play a role in the success of a learning. Lecture method one of the methods often used by a teacher. The lecture method is a way of delivering learning materials by prioritizing the interaction between teachers and students. Where a teacher connects his learning material through the process of verbally illuminating and speaking to students. The problem raised in this study is how to describe the teaching method of teachers in the presentation material of math learning data in SDN 3 Tanjung Chinatown. This research aims to find out the implementation overview using learning methods in SDN 3 Tanjung Chinatown. This type of research uses qualitative descriptive and the methods used in this study are interviews, instrumental observations and documentation. Furthermore, the data is analyzed by the method of data reduction i.e. by classifying each aspect of the learning method. The results obtained are then entered into the data reduction table and then draw general conclusions from the data obtained. The conclusion of this study, namely the teacher at the elementary school used the lecture method in the teaching process. Because of the circumstances and conditions in the countryside, teachers there understand and take ways in delivering learning materials. Keywords: lecture method

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nuril Laili
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:24
Last Modified: 27 Mar 2024 06:24
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item