PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 3 AGEL KECAMATAN JANGKAR SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Amalia, Risqi Puspitaningtyas (2022) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 3 AGEL KECAMATAN JANGKAR SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Purnama Media, 1 (1). ISSN 2962 - 3073

[img] Text
5. Artikel Jurnal purnama (agustus 2022).pdf

Download (806kB)
[img] Text (Jurnal turnitin)
5. Amalia Risqi Puspitaningtyas (13%).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa bisa muncul dengan sendirinya atau dengan bantuan guru. Dalam hal ini peran seorang guru sangat menentukan dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mencoba belajar berpikir kritis sejak dini. Proses kemampuan berfikir kritis tidak harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, namun akan muncul dengan sendirinya. Proses ini memerlukan perulangan dan pemahaman terhadap materi-materi yang di pelajari. Pada umumnya, masih belum banyak guru yang menciptakan kondisi dan situasi yang memungkinkan siswa untuk melakukan proses berpikir kritis. Di SDN 3 Agel Jangkar situbondo Fakta yang ada menunjukkan minimnya fungsi berpikir individu terlebih lagi kemampuan berpikir kritis. Budaya kritis yang rendah di karenakan kurangnya usaha pembentukan dan penanaman kebiasaan bersikap dan berpikir kritis sejak dini. Hasil analisis regresi linier sederhana memperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 6, 835 + 0,978 X Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika dipengaruhi oleh kemampuan berpikir kritis. Kesimpulan yang diambil adalah: kemampuan berpikir kritis berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV di SDN 3 Agel Jangkar Situbondo dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi sederhana (uji F) diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 186,075 > Ftabel 4,196 dan nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05 Koefisien determinasi (R2) sebesar 89,4% menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan berfikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika di SDN 3 Agel Jangkar Situbondo sedangkan sisanya 10,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: amalia risqipuspita ningtyas
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:48
Last Modified: 22 Feb 2024 01:48
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1440

Actions (login required)

View Item View Item