ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK ABON IKAN BANDENG (Chanos Chanos) DI UMKM D’PORE MEME DESA ALASMALANG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO

Mohammad, Nasrullah ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK ABON IKAN BANDENG (Chanos Chanos) DI UMKM D’PORE MEME DESA ALASMALANG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO. Repository. (Submitted)

[img] Text
JURNAL NASRUL.docx.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL_Mohammad Nasrullahi_201923003_Analisis Preferensi produk bon Ikan Bandeng di UMKM D'pore Meme.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Image
IMG-20240213-WA0012.jpg

Download (62kB) | Preview

Abstract

Abstrak Abon ikan bandeng merupakan produk inovasi yang mulai dikembangkan sejak tahun 2019, namun berdasarkan data yang didapatkan dalam pemasaran produk tersebut mengalami fluktuasi jumlah penjualan dan belum memenuhi target penjualan yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen dengan cara mencari kombinasi atribut yang paling disukai oleh konsumen terhadap produk abon ikan bandeng dan menganalisis atribut paling penting dalam pengambilan keputusan konsumen untuk mengonsumsi produk abon ikan bandeng di UMKM D’pore Meme Desa Alasmalang Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo sehingga dapat membantu pengembangan produk tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin mengunakan sistem SPSS. Penelitian ini menggunakan lima atribut produk yaitu rasa, warna abon, kemasan, harga, dan label halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen berfokus kepada hasil stimuli yang berdasar pada nilai kepentingan atribut produk dan nilai kegunaan (Utility) taraf atribut produk. Kombinasi atribut yang paling disukai oleh konsumen/responden ialah produk abon ikan bandeng dengan rasa original, memiliki warna abon coklat keemasan, kemasan full Foil (Alluminium Foil), dengan harga 25.000 - 26.500/100 gram, dan memiliki label halal pada kemasannya. Sedangkan atribut yang paling diprioritaskan untuk dipertahakan ataupun diperbaiki yaitu pada atribut label halal dengan nilai kepentingan 38.902%. Kata kunci: Abon, Ikan, konsumen, preferensi Abstract Shredded milkfish is an innovation product that began to be developed since 2019, but based on the data obtained in the marketing of the product experienced fluctuations in the number of sales and did not meet the specified sales targets. The purpose of this study was to determine consumer preferences by finding a combination of attributes most preferred by consumers of milkfish shredded products and analyzing the most important attributes in making consumer decisions to consume shredded milkfish products at UMKM D'Pore meme Alasmalang Village, Panarukan District, Situbondo Regency so that it can help the development of these products. The method used is conjoin analysis using the SPSS system. This study uses five product attributes namely taste, shredded color, packaging, price, and halal label. The results showed that consumer preferences focused on the results of stimuli based on the value of the interests of product attributes and the utility of the product attribute. The combination of attributes most preferred by consumers/respondents is the milkfish shredded product with original flavor, has a golden brown shredded color, full foil packaging (alluminium foil), with a price of 25,000 - 26,500/100 grams, and has a halal label on the packaging. While the attributes most prioritized to be confirmed or improved are the halal label attributes with an interest value of 38,902%. Keywords: Shredded, fish, consumers, preferences

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Mohammad Nasrulahi
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:57
Last Modified: 15 Feb 2024 02:57
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item