PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SD NEGERI PRAJEKAN KIDUL 2

Nur Azizatun, Niza and Heldie, Bramantha and Aenor, Rofek PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SD NEGERI PRAJEKAN KIDUL 2. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SD NEGERI PRAJEKAN KIDUL 2. (Unpublished)

[img] Text
CamScanner 03-01-2024 10.31_2.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Nur Azizatun Niza (Turnitin).pdf

Download (1MB)
[img] Text
16489e22-9a68-4bf5-975f-5e317aebde11.pdf

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan antara lain: model pembelajaran yang kurang bervariasi, cara berpikir siswa yang sederhana dan faktor kelas yaitu dari kelas rendah ke kelas tinggi yang disebut dengan kelas transisi. Dimana kelas yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas 4 sehingga siswa memerlukan penyesuaian tingkat berpikirnya. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan jenis desain eksperimen semu. Baik pada kelas kontrol maupun eksperimen, Random Sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian. Eksplorasi ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai dampak penerapan model project based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada pembelajaran IPA kelas 4 SD Negeri 2 Prajekan Kidul. Dengan rencana penelitian Posttest Only Control Group maka desain penelitian ini akan selesai. Berdasarkan hasil post test yang dilakukan peneliti pada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Project Based Learning menunjukkan bahwa kelas eksperimen mempunyai hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji hipotesis yang dilakukan dengan data yang homogen menghasilkan T hitung (3,14) > T tabel (2,06), yang dapat dinyatakan jika H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa kelas 4 pada mata pelajaran IPA. ENGLISH This research is based on various problems including: learning models that are less varied, students' simple way of thinking and class factors, namely from low class to high class which is called the transition class. Where the class chosen in this research is class 4, so students need adjustments in their level of thinking. This research uses quantitative methodology and a quasi-experimental design type. In both the control and experimental classes, Random Sampling was used to select research samples. This exploration aims to obtain data regarding the impact of implementing the project based learning model on students' higher order thinking abilities (HOTS) in grade 4 science learning at SD Negeri 2 Prajekan Kidul. With the Posttest Only Control Group research plan, this research design will be completed. Based on the results of the post test carried out by researchers in the control class with the conventional learning model and the experimental class with the Project Based Learning learning model, it shows that the experimental class had higher results than the control class. Hypothesis testing carried out with homogeneous data produces T count (3.14) > T table (2.06), which can be stated if H0 is rejected and Ha is accepted. So, it can be concluded that there is a significant influence of the Project Based Learning learning model on the Higher Level Thinking Skills of grade 4 students in science subjects.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Azizatun Niza
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:38
Last Modified: 12 Jan 2024 05:38
URI: http://repository.unars.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item View Item